5.300 Mahasiswa Unand Dibekali Wawasan Kebangsaan

5.300 Mahasiswa Unand Dibekali Wawasan Kebangsaan
5.300 Mahasiswa Unand Dibekali Wawasan Kebangsaan

jpnn.com - JAKARTA - Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Widagdo Hendro S, memberikan materi Wawasan Kebangsaan yang meliputi NKRI, UUD 1945, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, kepada 5.300 mahasiswa-mahasiswi baru di Auditorium Convention Hall Kampus Universitas Andalas (Unand), Limau Manis Padang, Sumatera Barat, Selasa (15/7).

Menurut Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Widagdo, kegiatan ini merupakan salah satu transformasi di bidang Teritorial oleh pimpinan TNI AD khususnya dalam memantapkan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan kepada segenap komponen bangsa.

"Materi yang disampaikan atas izin Lemhannas dan telah disosialisasikan kepada seluruh jajaran Kodim, Satpur serta Satuan Balak Aju, dimana nantinya tim yang ditunjuk pada tahap awal akan menyampaikan kepada siswa-siswi baru SLTA, mahasiswa-mahasiswi baru perguruan tinggi yang ada di Provinsi Sumatera Barat," kata Brigjen TNI Widagdo, melalui rilis Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Inf Robert, Selasa (15/7).

Program tersebut lanjutnya, sangat diapresiasi oleh Gubernur Sumatera Barat serta seluruh penjabat bupati, walikota, dan akan digulirkan pada saat masa orientasi siswa SLTA. "Para Dandim telah membuat MoU pemantapan nilai-nilai wawasan Kebangsaan dengan masing-masing bupati atau walikota di daerahnya," jelasnya.

Selain itu, Danrem 032/Wirabraja juga menyampaikan materi dan permainan antara lain bahaya narkoba, pergaulan bebas, soal kegiatan out bound, buldozer, bola tali, permadani, holahop, water estafet, tongkat estafet, jembatan tali dua dan jembatan tali tiga.

"Kegiatan permainan tersebut untuk menumbuhkan kerja sama, jiwa korsa, saling mengenal, kekompakan, menumbuhkan semangat serta disiplin," tegasnya.

Di tempat yang sama, Rektor Unand Werry Darta Taifur, menyatakan apresiasi atas kegiatan pemantapan nilai-nilai Wawasan Kebangsaan dari Korem 032/Wbr, karena sangat menunjang dalam membentuk karakter mahasiswa-mahasiswi baru yang akan memulai pendidikannya sehingga diharapkan nantinya Unand dapat menghasilkan sarjana-sarjana mumpuni yang berkualitas serta dapat diandalkan, memiliki daya saing yang tinggi.

"Sarjana-sarjana yang berkepribadian Pancasila, menghargai kebhineka tunggal ikaan, selalu berpedoman kepada UUD 1945 serta  mencintai tanah airnya dengan segenap cintanya," imbuh Werry. (fas/jpnn)


JAKARTA - Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Widagdo Hendro S, memberikan materi Wawasan Kebangsaan yang meliputi NKRI, UUD 1945,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News