Jalur Alternatif Lintas Kabupaten Rusak

Jalur Alternatif Lintas Kabupaten Rusak
Jalur Alternatif Lintas Kabupaten Rusak

jpnn.com - TONJONG - Ruas jalan alternatif mudik lebaran yang menghubungkan Kabupaten Tegal dengan Kabupaten Brebes, ruas Bumijawa-Linggapura masih dalam kondisi rusak. Kerusakan terparah berada di wilayah Desa Linggapura hingga Balapusuh Desa Tanggeran Kecamatan Tonjong.

Di lokasi jalan sepanjang lebih kurang 4 kilometer tersebut, lapisan aspal di beberapa titik sudah tidak tampak lagi. Bahkan beberapa di antaranya badan jalan amblas hingga menyulitkan pengguna kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

"Sudah cukup lama kondisinya seperti ini, kalaupun ada pemeliharaan sifatnya hanya sementara. Sehingga tidak lama jalan kembali rusak," ungkap Rudi (38), warga Linggapura.

Dikatakan Rudi, ruas jalan Linggapura-Balapusuh ini, setiap musim mudik maupun balik Lebaran kerap dijadikan sebagai jalur alternatif bagi para pengguna kendaraan yang akan menuju ke wilayah Kabupaten Tegal.

"Jalan ini menjadi ramai, sebab bisa dijadikan jalur alternatif semisal dari Pekalongan atau Pemalang menuju wilayah Purwokerto atau sekitarnya. Sebab jarak tempuhnya lebih ringkas jika dibandingkan melalui jalur utama Tegal-Purwokerto," terangnya.

Selain pemudik, kerusakan jalan juga dikeluhkan oleh masyarakat sekitar yang selama ini memanfaatkan jalan tersebut.

"Jalan ini merupakan akses menuju Kantor Kecamatan Tonjong, tapi kondisinya sudah lama dibiarkan rusak. Ini jelas menjadi kendala bagi warga masyarakat, belum lagi siswa yang belajar di SMPN 01 Tonjong," keluh Nur Istiqomah (35) warga lainnya.

Sebelumnya sejumlah titik kerusakan jalan di jalur tersebut sedianya akan dilaksanakan perbaikannya pada tahun 2014 ini dan tengah berada pada proses lelang.

TONJONG - Ruas jalan alternatif mudik lebaran yang menghubungkan Kabupaten Tegal dengan Kabupaten Brebes, ruas Bumijawa-Linggapura masih dalam kondisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News