26 Deklamator, 9 Musikalisasi Puisi

26 Deklamator, 9 Musikalisasi Puisi
26 Deklamator, 9 Musikalisasi Puisi

jpnn.com - SEBANYAK 26 orang lolos sebagai finalis lomba deklamasi dalam Festival Hari Puisi 2014 yang diselenggarakan INDOPOS di Taman Ismail Marzuki semalam. Rencananya, pengumuman pemenang akan dilakukan pada 17 Juli malam ini di Teater Kecil, TIM.

Mereka bergantian menunjukkan kemampuan terbaiknya membaca puisi di depan para juri yang terdiri dari Remy Silado, Leon Agusta dan Aspar Paturusi.

"Pemenang berhak mendapatkan hadiah total Rp 50 juta," kata Asrizal Nur, Ketua Penyelenggara Festival Hari Puisi 2014.

Menurutnya, lomba deklamasi kali ini banyak peserta yang menunjukkan kelihaian membaca sajak dengan baik. Namun, ada juga yang tampil di panggung dengan apa adanya. Beragamnya penampilan dan latar belakang deklamator dalam ajang ini membuktikan puisi sudah mendapat apresiasi besar dari audiens sastra di Indonesia.

Jumlah peserta sebanyak 250 orang setidaknya menunjukkan antusiasme lomba puisi lebih marak dari pada lomba buku puisi berpeserta 120 nama yang juga digelar dalam Festival Hari Puisi 2014. "Lomba baca puisi kali ini berbeda dengan tahun lalu.

Secara kualitas, tahun lalu lebih banyak yang bagus, bukan berarti kali ini tak ada yang berkualitas," kata Yose Rizal Manua yang menjadi juri tahap seleksi. Pada tahap seleksi, Yose menjadi juri bersama Ahmadun Yosi Herfanda dan Fikar M. Weda.
 
Di malam putaran final, para deklamator finalis mendapat sejumlah puisi pilihan untuk dibacakan. Puisi-puisi itu antara lain Balada Terbunuhnya Atmo Karpo karya WS Rendra, Aroma Maut dari Hamid Jabar, Madura Akulah Darahmu oleh D. Zawawi Imron, dan Kepada Kawan dari Chairil Anwar dan Selamat Pagi Indonesia karya Sapardi Djoko Damono.

"Kami menyiapkan 18 puisi pilihan bagi peserta. Peserta bebas memilihnya untuk tahap seleksi dan final," terang Asrizal Nur.

Semalam, selain menjadi final deklamasi, panggung yang sama juga menjadi arena putaran akhir lomba musikalisasi puisi. Dari 32 grup yang mengikuti lomba, terpilih sembilan kelompok untuk masuk babak final. "Komunitas Musikalisasi Puisi menyiapkan hadiah total Rp 50 juta untuk tiga pemenangnya," terang Asrizal Nur.  

SEBANYAK 26 orang lolos sebagai finalis lomba deklamasi dalam Festival Hari Puisi 2014 yang diselenggarakan INDOPOS di Taman Ismail Marzuki semalam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News