Dahlan Cek Perkembangan PLTU Pangkalan Susu

Dahlan Cek Perkembangan PLTU Pangkalan Susu
Dahlan Cek Perkembangan PLTU Pangkalan Susu

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengupdate perkembangan terbaru pembangunan PLTU Pangkalan Susu di Sumatera Utara sebesar 2 X 200 Mw. Saat ini Dahlan tengah berada di Medan untuk mengecek kesiapan PLTU Pangkalan Susu.

Kata Dahlan, PLTU Pangkalan Susu sudah menghasilkan uap dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu, jika tak ada masalah lagi maka Turbin tersebut sudah bisa dicoba untuk digerakkan.

"Sejak tadi malam api sudah dinyalakan (firing), sekarang sudah menghasilkan uap dalam jumlah yang cukup. Dua jam lagi, setelah tekanan uapnya ideal, turbin mulai diputar. Kalau turbin sudah bisa berputar sampai 3000rpm dan tidak ada masalah apa-apa, besok, Sabtu (19/7) generator mulai dicoba," ujar Dahlan melalui pesan singkatnya, Jumat (18/7).

Setelah turbin dinyatakan oke dan tidak ada masalah lagi, dengan begitu turbin tersebut sudah bisa menghasilkan listrik. "Kalau tidak ada masalah, lusa sudah bisa menghasilkan listrik. Semoga tidak banyak masalah. Batubara sudah siap  dan transmisi sudah siap sebagian," terang dia.

Adapun unit yang sedang dicoba saat ini berkapasitas 200 Mw. Unit lainnya sedang dalam penyelesaian. Di samping itu ia juga memanggil ahli dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) agar mencapai target yang diharapkan.

"Saya targetkan bisa menghasilkan listrik tambahan 200 Mw lagi. Tapi saya panggil ahli-ahli dari RRT nya untuk rapat khusus, agar bisa mencapai target itu. Mereka sudah sanggup," tandas mantan Dirut PLN ini. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengupdate perkembangan terbaru pembangunan PLTU Pangkalan Susu di Sumatera Utara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News