Tim Investigasi Internasional Ditodong Senjata Separatis Pro Rusia

Tim Investigasi Internasional Ditodong Senjata Separatis Pro Rusia
Tim peneliti internasional yang tergabung dalam OSCE mendapat penjagaan ketat dari kelompok separatis Pro Rusia. Foto: AP

jpnn.com - TIM peneliti internasional (OSCE) sudah melakukan investigasi untuk mencari penyebab jatuhnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17.

Namun upaya OSCE sedikit terhambat karena kelompok separatis pro Rusia melakukan penjagaan ketat. Kelompok separatis bahkan menempatkan pria bersenjata untuk mengawal tim OSCE.

Pesawat Malaysia Airlines itu jatuh pada Kamis, (17/7) di antara antara Krasni Luch dan Shakhtarsk di wilayah tetangga Donetsk. Pesawat dengan rute penerbangan Amsterdam-Kuala Lumpur itu menewaskan 298 penumpang.

Michael Bociurkiw, anggota tim OSCE, mengatakan akses mereka telah terbatas meskipun jaminan dari komandan pemberontak daerah bahwa mereka akan diizinkan masuk ke situs.

"Seorang penjaga terlihat mabuk dan mengarahkan senjatanya ke udara ketika seorang peninjau berjalan ke wilayah yang ditentukan," terang salah seorang anggota Tim OSCE Michael Bociurkiw, seperti dilansir BBC, Sabtu (19/7).

Ia juga mengungkapkan sudah ada 25 peninjau yang mundur karena tidak bisa membangun koridor akses untuk tim yang melakukan penyelidikan.

Ketua Dewan Permanen OSCE dari Swiss, Thomas Greminger menyatakan tekad timnya untuk terus melakukan penyelidikan, meski tidak mendapat akses penuh dari kelompok separatis Pro Rusia. (abu/jpnn)

TIM peneliti internasional (OSCE) sudah melakukan investigasi untuk mencari penyebab jatuhnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News