Calon Bidikmisi Curang, Langsung Pindah Reguler

Calon Bidikmisi Curang, Langsung Pindah Reguler
Calon Bidikmisi Curang, Langsung Pindah Reguler

jpnn.com - JEMBER – Sebanyak 1.692 calon mahasiswa baru Universitas Jember (Unej) yang diterima melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) Sabtu (19/7) melakukan verifikasi data di Gedung Soetarjo dan Gedung PKM. Secara umum, tidak ada kejanggalan data mahasiswa baru.

Padahal, tahun lalu ditemukan data tujuh calon mahasiswa baru yang bermasalah. Berdasar pantauan Jawa Pos Radar Jember, verifikasi relatif lancar. Tidak seperti verifikasi mahasiswa jalur SNM PTN yang sempat ricuh karena pengaturan yang buruk. Bahkan, situasi kemarin cukup lengang ketika siang.

Menurut Pembantu Rektor I Unej Zulfikar, verifikasi ditujukan untuk mencocokkan data pendaftaran SBM PTN dengan data asli yang harus mereka bawa. Antara lain, KTP, ijazah, slip gaji orang tua, PBB, dan pajak kendaraan bermotor. Kelengkapan itu harus dibawa untuk menentukan besaran uang kuliah tunggal (UKT).

Verifikasi diberikan rentang waktu dua hari, yakni 17–18 Juli 2014. Untuk hari pertama, sekitar seribu calon mahasiswa sudah melakukan verifikasi. Sementara itu, daftar ulang dilaksanakan pada 19–20 Juli 2014.

Zulfikar menyatakan, masih ada satu calon mahasiswa Bidikmisi yang penghasilan orang tuanya tergolong mampu, bahkan termasuk PNS golongan IV. Namun, mereka langsung beralih ke reguler. ’’Jika mereka tetap bersikeras ingin masuk dengan Bidikmisi, kami akan benar-benar verifikasi di lapangan. Misalnya, tergolong mampu akan dicoret dari Unej,’’ tegasnya.

Verifikasi tersebut, lanjut Zulfikar, disertai surat pernyataan bermeterai bahwa data yang ditunjukkan benar-benar valid. Jika tidak sesuai dengan kondisi di lapangan, putra-putrinya bersedia dikeluarkan dari Unej. ’’Sampai saat ini, Alhamdullih dalam verifikasi di lapangan penerimaan jalur SBM PTN belum ditemukan data yang janggal,’’ ujarnya.

Tahun lalu, kata Zulfikar, ada tujuh calon mahasiswa Bidikmisi yang terkena imbas ketidakjujuran. ’’Nanti saat daftar ulang berlangsung saya mempertegas dan menyiarkan bagi yang datanya tidak valid, slip gaji atau Bidikmisi yang sebenarnya mampu, untuk segera melapor. Jika diketahui di lapangan ganjil, akan dicoret dari Unej,’’ jelasnya.

UKT, kata Zulfikar, merupakan sistem subsidi silang. Dulu, besarnya SPP mahasiswa kaya dan miskin sama. Dia mengakui bahwa animo masyarakat terhadap Unej semakin bagus. Hal itu terlihat dari jumlah pendaftar tahun ini yang meningkat dibandingkan dengan 2013. ’’Tidak hanya meningkat, melainkan banyak pilihan pertama di Unej serta nilai rata-rata tes SBM PTN urutan 13 PTN seluruh Indonesia,’’ ungkapnya.

JEMBER – Sebanyak 1.692 calon mahasiswa baru Universitas Jember (Unej) yang diterima melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News