Tak Ada Penambahan Gerbong

Tak Ada Penambahan Gerbong
Tak Ada Penambahan Gerbong

jpnn.com - TEGAL - Banyak calon penumpang bus jurusan Tegal-Semarang yang beralih menggunakan kereta api imbas amblesnya jembatan comal. Namun demikian, PT KAI Daop IV Semarang tidak menambah jumlah rangkaian kereta-kereta lokal yang beroperasi.

Kepala Stasiun Besar Tegal Samsudin melalui Supervisor Pelayanan Andy Noor mengatakan, dalam dua hari ini jumlah penumpang KA lokal (Kaligung) memang mengalami peningkatan. Dari jumlah 636 tiket yang disediakan semuanya ludes terjual.

"Namun demikian, kami belum bisa memastikan apakah penumpang melonjak lantaran imbas amblesnya jembatan Comal. Sebab, kondisinya pada saat weekend. Dan dalam kondisi tersebut tiket selalu 100 persen terjual. Jadi dampaknya belum terasa," katanya saat ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Dia tidak menampik, adanya calon penumpang KA lokal yang tidak kebagian tiket, pasca jalur Pantura lumpuh. Jumlahnya, sambung Andy, tidak lebih dari 10 orang. Mereka-rata-rata hendak menuju Pekalogan dan Semarang.

 "Tapi kami tidak bisa memastikan apakah itu calon penumpang KA yang merupakan limpahan dari armada bus atau bukan. Yang jelas ada calon penumpang yang tidak kebagian tiket."

Ditanya apakah KA Kaligung akan ditambah rangkaian (gerbong) mengigat perbaikan jembatan Comal diperkirakan selesai 5 hari kedepan" Andy menyatakan, hal tersebut tidak bisa dilakukan karena keterbatasan. Sebab, kereta tambahan Lebaran sudah mulai dioperasikan per Jumat (17/7) lalu.

"Kereta tambahan Lebaran sudah diopersionalkan, jadi tidak mungkin KA Kaligung tambah rangkain meski maksimalnya hingga 9 gerbong ditambah satu gerbong pembangkit, makan dan aling-aling," tuturnya.

Saat ini, imbuh dia, KA Kaligung juga sudah ada penambahan gerbong dari 5 menjadi 6, sejak awal bulan lalu. Khususnya KA Kaligung pemberangkatan pukul 05.00 dan 13.00. Sedangkan KA Kalingung pemberangkatan pukul 09.00 dan 17.00 masih menggunakan 5 rangkaian.

TEGAL - Banyak calon penumpang bus jurusan Tegal-Semarang yang beralih menggunakan kereta api imbas amblesnya jembatan comal. Namun demikian, PT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News