KAI Siapkan 5 KA Tambahan

KAI Siapkan 5 KA Tambahan
KAI Siapkan 5 KA Tambahan

jpnn.com - GAMBIR – Arus mudik terus meningkat. PT KAI menyiapkan lima kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik Lebaran di Stasiun Gambir. Sebelumnya, PT KAI telah menyiagakan 30 kereta reguler selama musim mudik Lebaran tahun ini.

Kepala Humas Daerah Operasi (Daops 1) PT KAI Agus Komarudin menjelaskan, lima kereta tambahan itu sudah dioperasikan sejak H-10 Lebaran. Rangkaian gerbong KA itu bertolak dari Stasiun Gambir menuju seluruh provinsi di Pulau Jawa.

Jadi, total ada 35 KA yang dioperasikan selama musim mudik Lebaran ini. Dari 35 KA itu, tersedia sebanyak 12 ribu kursi penumpang setiap hari. Tapi, kata dia, jumlah penumpang per hari jauh melebihi kapasitas kursi. Sebab, ada penumpang yang membawa anak-anak.

Bila dibanding tahun lalu, jumlah KA yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir tahun ini jauh lebih banyak. Tahun lalu, selama musim Lebaran, PT KAI hanya mengoperasikan 25 KA reguler. ”Jadi, jauh lebih banyak tahun ini karena memang lonjakan jumlah penumpang KA,” ujarnya, Selasa (22/7).

Meski jumlah penumpang jauh lebih tinggi, tidak ada penumpukan penumpang di Stasiun Gambir. Pasalnya, saat ini PT KAI memberlakukan sistem boarding bagi calon penumpang. Dengan begitu, penumpang lebih teratur. Dengan boarding system, tidak ada lagi penumpang yang menginap di stasiun. ”Jadi, satu jam sebelum berangkat, mereka baru ada di stasiun, nggak kayak dulu-dulu,” terangnya.

Sejak Senin lalu (21/7), jumlah penumpang KA yang telah diberangkatkan mengalami peningkatan. Pada Senin (22/7), jumlah pemudik di Stasiun Gambir mencapai 9.713 orang. Jumlah itu naik menjadi 9. 859 orang pada Selasa kemarin.

Karena jumlah penumpang terus meningkat, pihaknya berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Baik keamanan maupun fasilitas tambahan lain. ”Jadi, kita jamin keamanan penumpang mulai masuk stasiun sampai di tempat tunggu KA, kami juga siapkan ruang menyusui selama menunggu KA,” paparnya. (mas/bad/oni)

GAMBIR – Arus mudik terus meningkat. PT KAI menyiapkan lima kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik Lebaran di Stasiun Gambir.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News