Jembatan Cihaurbeuti Longsor, Pemudik Masuk Kota Tasikmalaya

Jembatan Cihaurbeuti Longsor, Pemudik Masuk Kota Tasikmalaya
Jembatan Cihaurbeuti Longsor, Pemudik Masuk Kota Tasikmalaya

jpnn.com - CIAMIS – Jembatan Sungai Cibaruyan di Kampung Cianda RT 01/ 06 Desa Sukahaji Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis longsor Kamis dini hari (24/7). Polisi menutup jalur mudik nasional Selatan Jawa ini.

Para pemudik yang akan menuju Jawa Tengah dialihkan ke pusat Kota Tasikmalaya sejak di Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya.

Dita Puspita (19) mengaku mendengar suara gemuruh saat longsor terjadi. Dia mengira suara itu dari air Sungai Cibaruyan. “Namun ternyata longsor,“ jelas Dita kemarin di lokasi jembatan longsor.

Hardiman (54), pengguna jalan mengaku kaget saat akan melewati Jalan Cihaurbeuti karena banyak warga dan polisi. Dia mengira polisi menggelar razia. “Untungnya saya bawa sepeda motor masih bisa lewat pukul 06.00,” jelas Hardiman, pemudik asal Cilacap.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Deni mengaku mengetahui informasi longsor di Jembatan Sungai Cibaruyan sekitar pukul 01.00 Kamis (24/7).

Dia mengirim enam anggotanya ke lokasi longsor. Saat itu skala longsor masih kecil. Jalan yang menghubungkan Rajapolah-Ciamis ini  masih bisa dilalui sepeda motor dan mobil kecil. Untuk bus dan kendaraan berukuran jumbo dilarang melintas jembatan itu. Kendaraan-kendaraan itu masuk ke Kota Tasikmalaya.  

Karena longsoran semakin parah, jembatan itu hanya dilalui satu jalur saja. Setengahnya ditutup. “Hanya yang boleh saat itu sepeda motor saja,  secara buka tutup,” paparnya.

Longsor di Jembatan Cibaruyan, kata dia, karena luapan sungai tersebut. “Hujan deras tidak berhenti serta luapan air yang cukup besar,” jelasnya.      

CIAMIS – Jembatan Sungai Cibaruyan di Kampung Cianda RT 01/ 06 Desa Sukahaji Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis longsor Kamis dini hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News