Inspeksi Mendadak, KPK dan Polri Sikat Pemeras TKI di Bandara Soetta

Inspeksi Mendadak, KPK dan Polri Sikat Pemeras TKI di Bandara Soetta
Suasana saat inspeksi gabungan di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com - TANGERANG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan inspeksi mendadak di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat malam (25/7).  

Dalam sidak itu, KPK mengamankan sejumlah pihak yang diduga melakukan pemerasan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tiba di tanah air.

Para pelaku diduga oknum dari otoritas yang berkaitan dengan TKI. Dalam operasi ini, KPK mengamankan uang senilai Rp 2 miliar.

Sumber internal di KPK menerangkan, operasi ini merupakan gabungan antara KPK dengan sejumlah instansi. Di antaranya Bareskrim Polri dan  Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).

Sumber itu pun menyebut, KPK sebelumnya sudah melakukan kajian pada 2006 tentang dugaan pemerasan terhadap TKI.

Informasi yang berhasil dihimpun sementara ini, dalam sidak tersebut KPK mengamankan pihak dari BNP2TKI dan Keimigrasian. Bahkan, kasus ini diduga melibatkan oknum anggota TNI. Namun, belum diketahui apakah operasi ini masuk wilayah tindak pidana korupsi atau pidana umum.

Dari pantauan JPNN, sementara ini KPK dan polisi telah mengamankan enam pria yang diduga terlibat dalam aksi pemerasan tersebut. Mereka dibawa ke Terminal 2D Soekarno-Hatta, di sebuah ruangan kantor dekat dengan ruang keberangkatan. (flo/jpnn)


TANGERANG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan inspeksi mendadak di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat malam (25/7).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News