Hamas Ajukan Syarat Gencatan Senjata

Hamas Ajukan Syarat Gencatan Senjata
DUKUNGAN GAZA: Demonstran Iran membakar bendera Israel saat berdemo di Tehran, Iran, Jumat (25/7). (AFP Photo/Behrouz Mehri)

jpnn.com - JERUSALEM – Gencatan senjata belum terwujud di Jalur Gaza. Hingga Jumat (25/7), Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan militan Palestina masih saling serang. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry pun belum menyerah untuk mewujudkan gencatan senjata. Sebab, korban jiwa terus bertambah.

Dari udara jet-jet tempur Israel membombardir permukiman warga Gaza yang mereka yakini sebagai persembunyian militan. Pagi buta kemarin tidak kurang dari 30 rumah rata dengan tanah. Israel mengklaim bahwa serangan IDF tersebut sukses menewaskan pemimpin Jihad Islam dan dua putranya. Sedangkan lewat jalur darat, pasukan IDF juga terus menggempur sarang-sarang militan.

’’Kami melakukan serangan di 45 titik di Gaza,’’ terang juru bicara militer Israel. IDF mengklaim salah satu titik adalah pos komando militer Hamas.

Kendati demikian, Hamas dan militan-militan Gaza tidak gentar. Mereka tetap menghujani wilayah perbatasan Israel dengan menggunakan roket. Kemarin salah satu roket mendarat di rumah warga. Beruntung, rumah tersebut sedang kosong.

Kemarin pertempuran IDF dan militan Gaza memasuki hari ke-18. Belum ada tanda-tanda kedua pihak akan mengendurkan serangan. Proposal Mesir tentang gencatan senjata pun masih terbengkalai. Tapi, Kerry tidak menyerah. Dia terbang kembali ke Mesir untuk membahas gencatan senjata lebih lanjut dengan Menteri Luar Negeri Sameh Shoukri dan Sekjen PBB Ban Ki-moon. (mas)

’’Rencananya, gencatan senjata tahap awal berlangsung lima hari agar organisasi-organisasi kemanusiaan bisa masuk Gaza. Pada masa itu, Israel dan Hamas akan membahas kesepakatan perbatasan yang baru,’’ papar Hana Amireh, politikus senior Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Tepi Barat. Dia berharap, gagasan tersebut menuai dukungan kedua pihak.

Kemarin Hamas yang sejak awal tidak antusias menanggapi gencatan senjata yang diprakarsai Mesir itu mengajukan syarat. Organisasi radikal yang menguasai Gaza tersebut meminta Mesir dan Israel membuka perlintasan di sepanjang perbatasan wilayah mereka dengan Palestina. Selain itu, dua negara Palestina tersebut harus mengakhiri blokade Gaza yang sudah berlangsung tujuh tahun.

Bersamaan dengan itu, media Israel melaporkan bahwa IDF akan melanjutkan serangan ofensif atas Gaza. Itu dilakukan karena target mereka untuk memusnahkan terowongan-terowongan militan di sepanjang perbatasan belum tercapai. Hingga kini, IDF telah menemukan 31 terowongan yang menjadi jalur Hamas bertransaksi ilegal dengan pihak luar. Tapi, IDF baru bisa memusnahkan sekitar sepuluh terowongan saja.

JERUSALEM – Gencatan senjata belum terwujud di Jalur Gaza. Hingga Jumat (25/7), Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan militan Palestina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News