Jokowi-JK Harus Dekati Pendukung Prabowo yang Solid

Jokowi-JK Harus Dekati Pendukung Prabowo yang Solid
Jokowi-JK Harus Dekati Pendukung Prabowo yang Solid

jpnn.com - JAKARTA - Capres Prabowo Subianto, bukan saja tetap menolak hasil Pilpres 2014, tetapi menjanjikan kepada para pendukungnya dan seluruh rakyat Indonesia bahwa beliau akan berjuang terus sampai titik darah penghabisan. 

Menurut pengamat politik, Muhammad AS Hikam, Prabowo sangat runtun dan sistematis memberikan paparan dalam pidato yang direkam dan disebarluaskan (klik disini), pada Jumat (25/7). 

"Kesan saya, Prabowo akan melakukan perjuangan panjang kendati putusan MK tidak mengubah keputusan KPU yang menetapkan bahwa pasangan nomor 2 Jokowi-JK sebagai pemenang," tulis Hikam di halaman facebooknya.

Kata Hikam, implikasi politiknya tentu masih terlalu pagi untuk diprediksi. Namun jika pemerintahan baru nanti benar-benar dipimpin Jokowi-JK, maka harus memperhatikan secara sangat seksama. 

Yang jelas, lanjut dia, pesan Prabowo memiliki potensi memperkuat soliditas di kalangan kelompok pendukungnya baik di dalam maupun di luar parpol dan parlemen. Dengan demikian bisa mengakibatkan friksi atau gesekan, dan bahkan jika tak terkontrol dengan baik akan membesar. 

"Pemerintah baru dan masyarakat mesti mengupayakan pendekatan-pendekatan yang terukur dan efektif agar tidak mengakibatkan terganggunya kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan," tutur Hikam.

Menurut Hikam, inilah ujian bagi demokrasi di Indonesia. Namun ia yakin rakyat Indonesia akan tetap tegar menghadapinya, serta akan lulus dengan baik. (rmo/jpnn)


JAKARTA - Capres Prabowo Subianto, bukan saja tetap menolak hasil Pilpres 2014, tetapi menjanjikan kepada para pendukungnya dan seluruh rakyat Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News