Penjualan BBM Naik 30 Persen

Penjualan BBM Naik 30 Persen
Penjualan BBM Naik 30 Persen

BOGOR - Penjualan bahan bakar minyak di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bogor, mengalami peningkatan menjelang Idul Fitri 2014.    
    
Pengelola SPBU 34-16102 Jalan Pajajaran, Yudistira mengatakan, peningkatan jumlah pembeli sudah terjadi sejak H-4 lebaran, kenaikan mencapai 20 persen. "Pada H-2 ini penjualan BBM naik lagi menjadi 30 persen," ujar Yudistira kemarin.
    
Yudistira menjelaskan, pembelian BBM didominasi sepeda motor yang hendak mudik, mayoritas menuju jalur Puncak dan Ciawi kemudian kendaraan angkutan umum dan pribadi.
    
"Sesuai anjuran PT Pertamina (Persero), seluruh SPBU Pertamina beroperasi 24 jam. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan BBM bagi pemudik," ujarnya.
    
Menurut dia, rata-rata perhari penjualan BBM jenis premium sebesar 20 kilo liter (20.000 liter). Sejak H-4 penjualan menjadi 23 kiloliter atau 23.000 liter. Sedangkan, untuk pertamax rata-rata penjualan per hari 700 liter perhari, kini meningkat menjadi 1.000 liter.
    
"Kalau solar justru penjualannya menurun, biasanya lima ton per hari, kini hanya 3 sampai 4 ton per hari. Ini karena truk besar tidak diperbolehkan lewat sejak H-7," kata dia.
    
Yudistira memprediksikan penjualan akan semakin meningkat pada H-1. Oleh karena itu pihaknya menjaga stok BBM tetap tersedia dengan menambah pasokan. Peningkatan penjualan BBM juga terjadi di SPBU 34-16105 Jalan KH Abdullah bin Nuh yang mengalami lonjakan pembelian sampai 30 persen.
    
Menurut Sulaeman, pengelola SPBU 34-16102, menjelang hari raya Idul Fitri, biasa terjadi antrian pembelian BBM terutama saat sore dan malam hari. "Kami terpaksa menambah jumlah operator pengisian BBM untuk bisa melayani konsumen, biasanya lima orang menjadi delapan orang," kata Sulaeman.

Pihak SPBU juga menempelkan himbauan kepada konsumen untuk mengisi BBM lebih awal agar tidak terjebak antrian pembelian yang terjadi menjelang lebaran.
    
Sementara itu, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Bogor menjamin selama Hari Raya Idul Fitri Tahun 1435 Hijriah persediaan BBM mencukupi.

”Kami sudah mendapatkan kepastian dan jaminan dari PT Pertamina bahwa persediaan dan pasokan BBM untuk wilayah Bogor mencukupi hingga lebaran, khususnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Ketua Hiswana Migas Bogor Bahriun, kemarin.
    
Pihaknya, telah memasok 20 ribu liter untuk masing-masing SPBU di Kota Bogor, untuk lebaran kali ini, sebanyak 70 ton BBM telah disiapkan. Dia mengatakan, jika nantinya permintaan konsumen akan BBM melonjak drastis maka pihaknya juga sudah menyiapkan cadangan BBM yang bisa sewaktu-waktu dikirim dari PT Pertamina.
    
Ia memprediksi, permintaan BBM akan meningkat mendekati lebaran karena akan banyak warga yang memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi.

”Masyarakat tidak perlu khawatir, karena persediaan BBM hingga masa libur lebaran berakhir dipastikan mencukupi,” imbuhnya. (ind)


BOGOR - Penjualan bahan bakar minyak di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bogor, mengalami peningkatan menjelang Idul Fitri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News