Habis Salat Id, Gus Ipul Langsung Pulkam

Habis Salat Id, Gus Ipul Langsung Pulkam
Habis Salat Id, Gus Ipul Langsung Pulkam

jpnn.com - TAHUN ini Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menjalani salat Id tanpa ditemani istri, Ummu Fatma Saifullah Yusuf. Empat anaknya, yaitu Selma Halida, Mohammad Falihuddin Daffa, Mohammad Rayhan Hibatullah, dan Mohammad Farrelino Ramadhan, juga tidak terlihat. Mereka berlima rupanya sudah mudik ke Jombang pada Minggu lalu (27/7).

’’Sebenarnya kami merencanakan sejak setahun lalu, salat Id di Jombang karena rindu suasananya,’’ papar Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, kepada Jawa Pos di kediamannya sebelum berangkat salat Id ke Masjid Al Akbar Senin (28/7).

Gus Ipul menceritakan, sebelum menjadi Wagub, setiap tahun mereka sekeluarga selalu salat Id di Jombang yang merupakan kampung halaman sang istri. Sayangnya, Lebaran kali ini, Gus Ipul tidak bisa turut serta. Dia harus menggantikan Gubernur Soekarwo yang sedang berlebaran di luar kota. Jadi, Gus Ipul yang kebagian piket mengikuti salat Id di Kota Pahlawan.

’’Wawancaranya dilanjutkan di mobil, sekarang kita berangkat ke Masjid Al Akbar,’’ kata alumnus Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Nasional Jakarta tersebut.

Gus Ipul berangkat salat Id tanpa sarapan terlebih dahulu. Dia hanya menyeruput teh hangat. Menurut Gus Ipul, kebiasaannya memang seperti itu. Dia baru sarapan sepulang dari Masjid Al Akbar.

Sejak menjadi Wagub, Gus Ipul selalu mengikuti salat Idul Fitri dan salat Idul Adha di masjid yang terletak di Surabaya Selatan tersebut. ’’Enak salat di sana ketemu orang dari berbagai daerah,’’ imbuhnya. Biasanya Gus Ipul tidak sendirian. Pakde Karwo, sapaan Soekarwo, juga salat di masjid tersebut.

Jadwal open house sangat fleksibel. Pernah, setelah salat Id, Pakde Karwo dan Gus Ipul langsung mengadakan open house di Grahadi, kantor yang berada di Jalan Pahlawan. Namun, pernah juga, open house baru diadakan tiga hari setelah Lebaran. Untuk open house Lebaran kali ini, diakui Gus Ipul, belum dipastikan tanggal pastinya. Dia masih mencocokkan jadwal dengan Pakde Karwo.

Karena itu, setelah salat Id, mantan menteri negara percepatan pembangunan daerah tertinggal (PPDT) tersebut langsung tancap gas pulang kampung (pulkam) ke Jombang. Tentu, untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta. Menurut Gus Ipul, kapan pun open house diadakan, dirinya selalu menyempatkan pulang ke Jombang pada hari pertama Lebaran.

TAHUN ini Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menjalani salat Id tanpa ditemani istri, Ummu Fatma Saifullah Yusuf. Empat anaknya, yaitu Selma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News