JK: Apa pun Jabatannya, Makanannya Tetap Ketupat

JK: Apa pun Jabatannya, Makanannya Tetap Ketupat
TAMU BERAGAM: Halalbihalal Presiden SBY dengan masyarakat dari kalangan difabel di Istana Negara Senin sore (28/7). (Abror/Rumgapres)

jpnn.com - Lebaran tahun ini terasa spesial bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dengan berakhirnya masa jabatan kedua pada 20 Oktober nanti, ini adalah momen Lebaran terakhir bagi Presiden SBY sebagai kepala negara dan merayakan bersama keluarga di istana.

Laporan Sekaring Ratri, Jakarta

SEPERTI yang sudah dijalani selama hampir sepuluh tahun menjadi kepala negara, SBY didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono mengawali agenda perayaan Idul Fitri dengan salat Id berjamaah di Masjid Istiqlal pada pukul 07.05. Dalam kesempatan tersebut, tampak Wapres Boediono dan sejumlah menteri, di antaranya Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menag Lukman Hakim, dan Ketua DPR Marzuki Alie, ikut salat berjamaah. SBY kemarin mengenakan jas hitam dan peci. Pakaian senada dikenakan Boediono dan para anggota kabinet .

Setelah menunaikan salat Id, SBY dan rombongan kembali ke istana. Sederet agenda kegiatan sudah menanti. Agenda tepat setelah salat adalah open house di Istana Negara untuk keluarga inti Presiden SBY. Dalam acara tersebut, diadakan proses sungkeman. Hampir seluruh keluarga besar SBY hadir, termasuk putra kedua SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas beserta istri dan putranya, serta ibunda SBY, Siti Habibah.

Mereka tampak kompak mengenakan baju bernuansa hijau. Namun, putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono dan keluarga kecilnya, tidak tampak hadir. Seperti diketahui, Agus bersama istri dan putrinya tengah berada di Kansas, Amerika Serikat (AS). Agus mengikuti program studi di Army Command and General Staff College, Fort Leavenworth, sejak Juni.

Proses sungkeman tersebut berlangsung seperti adat dan budaya Jawa pada umumnya. Pihak yang lebih muda harus sungkem kepada pihak yang lebih tua. Di sela-sela prosesi tersebut, cucu kedua SBY dari Ibas, Airlangga Satriardhi Yudhoyono, mencuri perhatian dengan tingkahnya yang menggemaskan.

Bocah berusia satu tahun itu beberapa kali kabur dari urutan sungkeman. Ibas dan Aliya pun harus membawa putra mereka kembali sehingga bisa sungkem kepada kakek-neneknya. Dalam kesempatan itu, SBY pun menyapa para wartawan yang meliput acara open house tersebut. ’’Selamat Lebaran buat wartawan. Salam buat keluarga,’’ kata SBY sambil melambaikan tangan.

Setelah proses sungkeman, open house berlanjut untuk kolega terdekat seperti Wapres Boediono beserta istri Herawati Boediono serta keluarga para menteri. Momen open house SBY buat para kolega tahun ini terasa istimewa. Sebab, tidak hanya para menteri, para Dubes dan pejabat publik lain juga tampak dalam acara tersebut. Capres Prabowo Subianto juga terlihat di rombongan tamu open house. Dia datang bersama Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Prabowo mengenakan kemeja koko berwarna putih dengan aksen cokelat di bagian tengah beserta peci. Tidak banyak yang diungkapkan Prabowo dalam kunjungan silaturahmi tersebut.

Lebaran tahun ini terasa spesial bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dengan berakhirnya masa jabatan kedua pada 20 Oktober nanti, ini adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News