Riau Membara Lagi, Titik Api Terdeteksi di 143 Titik

Riau Membara Lagi, Titik Api Terdeteksi di 143 Titik
Riau Membara Lagi, Titik Api Terdeteksi di 143 Titik

jpnn.com - JAKARTA - Pantauan satelit Terra dan Aqua, Selasa (29/7), hotspot di Riau terdeteksi 143 titik. Distribusi hotspot di Riau adalah Rokan Hilir 46,  Bengkalis 24, Dumai 35, Indragiri Hilir enam, Indragiri Hulu tiga, Kampar dua, Kuansing tujuh dan Pelalawan 10.

"Jarak pandang di Dumai dan Pelalawan pendek karena tertutup asap," kata Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (29/7).

Menurutnya, 100 personel TNI AD, 100 personel TNI AU dan 500 personel Polri memadamkan titik api di darat. Ratusan personel Manggala Agni, BPBD, dan relawan ikut memadamkan api.

"Namun demikian pembakaran yang dilakukan oleh oknum individu dan kelompok masih lebih intensif sehingga hotspot makin banyak," katanya.

Setelah selesai merayakan lebaran kemarin, aparat dari Brimob, Polda Riau, Polres dan Manggala Agni melakukan pemadaman di beberapa titik. Bahkan water canon Polres Inhil digunakan untuk memadamkan api karena terbatasnya air untuk memadamkan.

Kabut asap telah menutupi wilayah Dumai sehingga jarak pandang dua kilometer pada pagi hari. "Satgas darat melaporkan 848 ha terbakar," ujarnya.

Ia menambahkan, di lapangan luas wilayah yang terbakar lebih luas karena banyak daerah terbakar yang jauh dari aksesibilitas sehingga tidak terhitung luasnya.

"Satgas udara masih terus mengoperasikan water bombing dan modifikasi cuaca," paparnya.

JAKARTA - Pantauan satelit Terra dan Aqua, Selasa (29/7), hotspot di Riau terdeteksi 143 titik. Distribusi hotspot di Riau adalah Rokan Hilir 46, 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News