Inilah 7 Situs Portal Berita Palsu

Inilah 7 Situs Portal Berita Palsu
Inilah 7 Situs Portal Berita Palsu

jpnn.com - JAKARTA - Hingga Selasa (29/7) petang, tujuh portal berita yang memalsukan nama media nasional ternama di Tanah Air, masih tetap tayang dengan menyuguhkan berita-berita yang bertolak belakang dengan yang ditayangkan portal berita yang ditiru.

Ketujuh portal mirip blog ini memakai nama mirip dengan media berita liputan6.com, detik.com, tempo.co, antaranews.com, tribunnews.com, inilah.com dan kompas.com.

Bedanya, ke tujuh situs palsu tersebut menambahkan --news.com setelah nama media yang dipalsukan. Contohnya,  kompas.com menjadi kompas.com--news.com.

Dalam situs tiruan, terdapat berita "Ditemukan Kejanggalan Mengejutkan Data KPU di Situs Resmi".  Sementara di portal berita kompas.com, tidak ditemukan berita dimaksud.

Demikian juga dengan di detik.com--news.com, terdapat berita "Ketua KPU ditetapkan sebagai Tersangka." Sementara di portal detik.com, tidak ada berita tersebut.

Anehnya, portal-portal yang meniru 7 portal ternama tersebut, rata-rata memuat berita seputar pemilu presiden yang faktanya diputarbalikkan.

Karena itu wajar jika kemudian Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, menilai si pembuat situs merupakan orang yang sangat terobsesi dengan calon presiden tertentu dan menginginkan agar opini masyarakat terpengaruh atas pemberitaan yang ia posting.

"Polisi harus segera mengusut kasus dan menangkap pelaku. Karena pemalsuan 7 situs berita adalah kejahatan serius yang berusaha menghancurkan citra pers nasional," katanya di Jakarta, Selasa (29/7).(gir/jpnn)


JAKARTA - Hingga Selasa (29/7) petang, tujuh portal berita yang memalsukan nama media nasional ternama di Tanah Air, masih tetap tayang dengan menyuguhkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News