Garuda Kembali Gagal Terbang dari Jember

Garuda Kembali Gagal Terbang dari Jember
Garuda Kembali Gagal Terbang dari Jember

jpnn.com - JEMBER – Garuda Indonesia kembali membuat sejumlah calon penumpangnya kecewa. Setelah dua kali membatalkan penerbangan ke Jember, yakni Jumat dan Sabtu (18–19 Juli lalu), Selasa (29/7) maskapai berkelas internasional itu memaksa lagi calon penumpangnya membatalkan penerbangan rute Surabaya–Jember dan sebaliknya.

Sebelumnya, Garuda beralasan jumlah pilotnya terbatas. Namun, kali ini penyebabnya adalah faktor lain. ’’Karena technical reason,’’ ujar Boedi Prihantoro, manajer Area Jember–Banyuwangi PT Garuda Indonesia.

Dia menjelaskan, demi keselamatan penumpang dan kru pesawat, akhirnya Garuda Indonesia memutuskan untuk membatalkan penerbangan Garuda jenis ATR 72-600 Jember– Surabaya tersebut.

Menurut Boedi, pembatalan penerbangan biasa terjadi dalam penerbangan. Apalagi, jika menyangkut tentang nyawa seseorang, bagi dia, wajib diprioritaskan. ’’Kabar dari Surabaya, pesawatnya sebenarnya mau take off. Namun, karena ada permasalahan di sistem pesawat, pesawat diputuskan sementara tidak terbang,’’ jelasnya.

Pihaknya tidak mampu memberikan kabar pembatalan kepada sejumlah calon penumpang lantaran persoalan teknik itu muncul mendadak. Tetapi, pihaknya menyatakan telah berkomunikasi dengan sejumlah calon penumpang, baik asal Surabaya maupun Jember. ’’Kami sudah berkomunikasi dengan para penumpang tentang cancel-nya penerbangan ini,’’ katanya.

Boedi juga telah menawarkan sejumlah opsi alternatif bagi calon penumpang yang telanjur membeli tiket penerbangan pesawat Surabaya–Jember dan sebaliknya. Selain pengembalian biaya tiket penuh (full refund), pihaknya menawarkan pengalihan ke perjalanan daratmelalui minibus milik Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia pun mengusulkan kepada para calon penumpanguntuk ikut terbang pada jadwal pemberangkatan esoknya. ’’Karena besok (hari ini, Red) penerbangan sudah kembali normal, kami juga tawarkan jadwal penerbangan besok. Bahkan, kami menyiapkan hotel untuk kompensasi bagi penumpang yang bersedia ikut dalam penerbangan besok,’’ tuturnya.

Alfin, salah seorang calon penumpang pesawat milik Garuda Indonesia, sangat kecewa seringnya pembatalan tiba-tiba penerbangan Jember–Surabaya atau sebaliknya. Padahal, nama besar Garuda Indonesia diakui sejumlah maskapai nasional, bahkan internasional.

JEMBER – Garuda Indonesia kembali membuat sejumlah calon penumpangnya kecewa. Setelah dua kali membatalkan penerbangan ke Jember, yakni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News