ChavesPro untuk Mendiang Chaves

ChavesPro untuk Mendiang Chaves
KENANGAN: Warga Caracas bermain basket di sekat mural bergambar Hugo Chavez. (Fernando Llano/AP)

jpnn.com - CARACAS – Masyarakat Venezuela memiliki banyak cara untuk mengungkapkan cinta mereka terhadap Hugo Chavez. Salah satunya mengabadikan tulisan tangan sang tokoh dalam font huruf komputer. Pada Senin (28/7), Venezuela memperkenalkan font bernama ChavezPro itu ke publik.

’’Hadiah terbaik,’’ ucap salah seorang Chavista, julukan bagi para pendukung Chavez. Twitter pun langsung ramai oleh komentar-komentar positif terkait dengan kelahiran ChavezPro. Para pendukung Chavez bersuka menyambut font khusus yang akan membuat tulisan tangan idola mereka itu abadi. Bahkan, kini tulisan tangan Chavez tersebut bisa dikenal dan digunakan seluruh penduduk dunia.

ChavezPro adalah buah gagasan sekelompok Chavista yang menamakan diri mereka kelompok pemuda anti imperialis Creative Trench. Untuk menciptakan font khusus tersebut, bukan perkara sulit. Sebab, tulisan tangan Chavez bisa dengan mudah didapatkan di Venezuela. Maklum, semasa hidupnya dulu, sahabat Fidel Castro itu sangat sering menulis di depan publik.

Chavez biasa menerangkan langsung kebijakan-kebijakan yang diambil kepada rakyat. Caranya, dia menggambar atau menulis di papan atau kertas, lantas menyebarluaskannya melalui stasiun televisi nasional. Maka, tulisan tangan Chavez sudah sangat melekat di benak masyarakat Venezuela. ’’Font baru ini bisa diunduh secara gratis di situs kamiwww.trincheracreativa.com,’’ ungkap Creative Trench.

Meski wafat sejak 5 Maret 2013, rakyat Venezuela tetap memperingati hari kelahiran sang tokoh. Misalnya, yang terlihat pada Senin lalu saat Chavez seharusnya berusia 60 tahun. Para pendukung mendiang presiden berjuluk El Comandante itu turun ke jalan. Mereka menyanyikan laguHappy Birthday sambil berdansa. Bahkan, penduduk Kota Caracas mengadakan pesta kembang api untuk Chavez.(Reuters/AFP/hep/c15/dos)

CARACAS – Masyarakat Venezuela memiliki banyak cara untuk mengungkapkan cinta mereka terhadap Hugo Chavez. Salah satunya mengabadikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News