Panitia Berharap Pelamar CPNS Melek IT

Panitia Berharap Pelamar CPNS Melek IT
Panitia Berharap Pelamar CPNS Melek IT

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memperkirakan paling cepat pendaftaraan tes CPNS 2014 dimulai pertengahan bulan ini. Mereka berharap pelamar melek IT/ informasi teknologi atau internet.

Seruan itu disampaikan Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik (Kemen PAN-RB) Herman Suryatman kemarin. Pasalnya seluruh alur pendaftaran menggunakan mekanisme online.

"Baik untuk instansi pemerintah pusat atau daerah melamarnya di website khusus BKN (Badan Kepegawaian Negara, red)," kata dia.

Herman menuturkan, dari segi usia rata-rata para pelamar nanti tidak akan kesulitan dengan urusan IT jika mempersiapkan diri sejak dini. Panitia rekrutmen CPNS menetapkan usia pelamar CPNS di umur 18-35 tahun. Jadi menurutnya tidak terlalu tua.

Sebelum menuju instansi yang dilamar, calon peserta ujian harus memasukkan" lamaran ke website khusus BKN. Kemudian pelamar mendapatkan nomor dan kartu ujian. Nah kartu ini yang nanti dikirim ke instansi yang dituju, baru pelamar bisa mengikuti ujian.

"Kalau tidak paham IT tentu kesulitan saat pendaftaran," jelas dia. Untuk itu Kemen PAN-RB akan terus melakukan sosialisasi sebelum hari pendaftaran CPNS dibuka. Pendampingan secara khusus, untuk masyarakat di luar pulau Jawa.

?Merujuk pada hasil roadshow simulasi ujian CPNS di delapan kota besar di Indonesia, Herman mengatakan kemampuan IT pelamar tidak terlalu mengkhawatirkan. Sebab pendaftaran simulasi tes CPNS itu sudah harus dilakukan secara online melalui salah satu website layanan lowongan kerja di Indonesia.

Herman menuturkan kuota CPNS tahun ini sebanyak 65 ribu kursi. Selain itu juga ada lowongan menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja sebanyak 35 ribu kursi. Meskipun baru-baru ini keluar surat izin prinsip penambahan formasi, tetapi kuota besarnya tetap 65 ribu kursi. (wan)


JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memperkirakan paling cepat pendaftaraan tes CPNS 2014 dimulai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News