Presiden Desak Kepala Daerah Buat Ruang Bermain Anak

Presiden Desak Kepala Daerah Buat Ruang Bermain Anak
Presiden Desak Kepala Daerah Buat Ruang Bermain Anak

jpnn.com - JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan kepada para Gubernur, Bupati, dan Walikota di seluruh Indonesia untuk memberikan perhatian khusus terhadap anak-anak. Termasuk mengalokasikan anggaran yang cukup bagi pendidikan dan pengasuhan anak-anak kita. Hal ini disampaikan Presiden menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional 2014 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (6/8). Ia didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono

“Tolong pers juga bisa mengikuti, agar para Gubernur, Bupati, dan Walikota membangun dan menyiapkan ruang di kota masing-masing agar anak-anak kita bisa bermain, bisa berekreasi, dan berolahraga,” ujar Presiden dalam pidatonya.

Acara ini juga dihadiri oleh presiden ketiga RI BJ Habibie, dan kerabat tokoh-tokoh yang pernah menjabat sebagai Presiden RI. Yaitu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid (istri Gus Dur), Siti Hardiyanti Rukmana dan Siti Hediati Soeharto (anak Soeharto) dan Guruh Soekarno Putra (anak Soekarno).

Dalam sambutannya, Presiden SBY mengatakan, undang-undang mengamanatkan empat hak pokok bagi anak-anak yakni hak perawatan dan pengasuhan, kesehatan, pendidikan dan rekreasi serta perlindungan dari kekerasan, ekploitasi, dan deskriminasi.

Hak-hak anak tersebut, kata Presiden SBY, menjadi tugas semua pihak  untuk memberikannya dengan tanggung jawab. "Semua itu menjadi tugas dan kewajiban para orangtua, para guru, dan jajaran pemerintah di seluruh Indonesia," kata Presiden.

Terkait hak-hak itu, Kepala Negara juga  meminta kepada para pemimpin daerah, pemimpin instansi, baik pusat maupun daerah untuk memberikan kemudahan dan membangun fasilitas bagi anak-anak berkebutuhan khusus, apakah di stasiun kereta api, di terminal bus, bandar udara, atau di tempat-tempat publik yang lain.

“Bangun dan siapkan fasilitas ini. Ini kematangan sebuah bangsa, peradaban sebuah bangsa yang juga menghormati dan memperlakukan dengan baik siapapun, termasuk saudara-saudara kita, anak-anak kita yang tergolong berkebutuhan khusus tadi,” sambungnya. (flo/jpnn)

JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan kepada para Gubernur, Bupati, dan Walikota di seluruh Indonesia untuk memberikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News