ISIS tak Pernah Kecam Israel

ISIS tak Pernah Kecam Israel
ISIS tak Pernah Kecam Israel

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nurwahid mengatakan bangsa Indonesia sudah membulatkan tekad menjadikan Pancasila sebagai dasar negara, sebagaimana telah diputuskan dalam TAP MPR nomor 18 tahun 1998.

Oleh sebab itu kata Hidayat, gerakan The Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang berkembang di Timur Tengah jelas tidak mempunyai tempat di Indonesia.

"Kalau melihat pada apa itu gerakan ISIS, sesungguhnya memang tidak ketemu dengan Pancasila dan dengan sistem hukum yang berlaku. Jadi jelas ISIS tidak punya tempat di sini," kata Hidayat Nurwahid di Jakarta, Rabu (6/8).

Karena itu, mantan Ketua MPR RI itu mengimbau para aktivis yang mempunyai ketertarikan untuk bergabung dengan ISIS membatalkan niatnya. Semangat jihad yang diserukan ISIS menurutnya, lebih baik disalurkan untuk membuat negeri ini lebih baik seperti berjihad di bidang politik, pendidikan, sosial, yang masih terbuka lebar.

Dia jelaskan, kalau membaca sepak terjang ISIS di Timur Tengah semakin kuat indikasi gerakan ini bentukan pihak intelejen dengan kepentingan tertentu. Gerakan yang merupakan pecahan Al Qaida ini mengaku membawa kepentingan Islam Sunni, menurutnya, sangat tidak relevan. Apalagi ISIS tidak pernah mengecam Israel atau membela Gaza yang tertindas.

"Islam Sunni itu paling moderat, rupanya ada pihak yang tidak senang kalau Islam moderat itu dominan. Gerakan ISIS sebagai bentukan intelejen asing kemudian mendapat pembenaran ketika ISIS tidak pernah mempermasalahkan Israel, tidak juga membela Gaza dan Palestina. Tidak pernah kedengaran mereka akan mengirimkan tentara untuk membela Gaza, padahal tetangganya," ungkap mantan Presiden PKS itu.

Terakhir, Hidayat berharap publik cerdas dalam memilah informasi sehingga tidak gegabah dalam membuat keputusan untuk berbaiat dengan organisasi ini.

"Kepada pemerintah, saya menyarankan segera berdialog dengan warga masyarakat yang sempat mendeglarasikan diri sebagai pendukung ISIS di sejumlah daerah di tanah air," pungkasnya.(fas/jpnn)

JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nurwahid mengatakan bangsa Indonesia sudah membulatkan tekad menjadikan Pancasila

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News