Infiniti Q50 dan Jeep Cherokee Paling Rawan Diretas

Infiniti Q50 dan Jeep Cherokee Paling Rawan Diretas
Sedan Infiniti Q50 sports yang diluncurkan di Hong Kong, 22 Mei 2014. Reuters/Tyrone Siu

jpnn.com - Peneliti kemanan digital menemukan hasil yang mengejukan buat pabrik mobil. Mobil yang menggunakan sistem keamanan digital ini ternyata paling rawan diretas.

Temuan ini diperoleh Charlie Miller (twitter) dan Chris Valasek (direktur riset keamanan kendaraan IOActive). Menurut kedua peneliti ini, ada tiga dari 20 merek mobil yang memiliki sistem keamanan digital yang rapuh.

Masing-masing, Jeep Cherokee (produksi Chrysler Group tahun 2014), Infiniti Q50 (produksi Nissan Motor Co Ltd tahun 2014) dan Cadillac Escalade (produksi General Motors Co tahun 2015).

Seperti yang dilansir Reuters, Rabu (6/8), temuan ini berdasarkan pada kriteria teknologi digital yang digunakan mobil tersebut. Teknologi ini yang dimaksud adalah akses remote seperti WiFi dan Bluetooth.

Menurutnya, akses ini memungkinkan hacker untuk mengedalikan sistem mobil dari jarak jauh sehingga sangat mudah dimanipulasi dan bisa menyebabkan kerusakan fisik pada mobil.

Menanggapi temuan ini, tiga perusahaan mobil tersebut memberikan sikap yang berbeda. Chrysler misalnya, berjanji akan memverifikasi langsung temuan tersebut.

"Chrysler Group akan berusaha memverifikasi temuan itu," kata Juru bicara Chrysler Group  Eric Mayne kepada Reuters.

Sementara Nissan mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Reuters bahwa akan meninjau temuan ini.

Peneliti kemanan digital menemukan hasil yang mengejukan buat pabrik mobil. Mobil yang menggunakan sistem keamanan digital ini ternyata paling rawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News