Kemenpera Bangun Rusunawa Enam Ponpes di Agam

Kemenpera Bangun Rusunawa Enam Ponpes di Agam
Kemenpera Bangun Rusunawa Enam Ponpes di Agam

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Agam untuk mempermudah perizinan pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) untuk pondok pesantren yang ada di daerah tersebut. Adanya dukungan tersebut akan mempercepat proses pembangunan Rusunawa sehingga para santri dan santriwati yang belajar di pondok pesantren  bisa tinggal di asrama yang layak huni.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan Pemkab Agam yang mempermudah perizinan pembangunan Rusunawa di daerah ini. Hal ini perlu diikuti oleh Pemda lain sehingga pembangunan Rusunawa bisa berjalan dengan baik," ujar Sekretaris Kementerian Perumahan Rakyat (Sesmenpera) Rildo Ananda Anwar dalam siaran pers yang diterima JPNN, Rabu (13/8) malam.

Dikatakannya, pembangunan Rusunawa untuk Ponpes di Indonesia merupakan salah satu program utama Kemenpera pada Kabinet Indonesia Bersatu II. Pasalnya hingga saat ini masih banyak Ponpes yang belum memiliki asrama layak huni untuk para santrinya.

Tahun ini Kemenpera berencana membangun Rusunawa untuk enam Pondok Pesantren di Kabupaten Agam. Keenam Ponpes tersebut antara lain PP Arrasuli MTI Canduang, PP Mu'allimin Muhammadiyah mendapat bantuan Rusunawa tipe sangat kecil 1 TB tiga lantai dan PP Modern Diniyah Pasia Agam, PP Tarbiyah Islamiah Pasia Agam, PP H Abdul Karim Syu'aib Agam, dan PP Nurul Yakin Siti Manggopoh Agam akan mendapatkan Rusunawa tipe kecil 1 TB setinggi tiga lantai.

Tipologi Rusunawa tipe kecil 1 TB tersebut memiliki tiga lantai dengan luas 26 x 7,4 meter dengan enam unit ruangan. Rusunawa tersebut diharapkan dapat menampung sedikitnya 132 santri. Sedangkan Rusunawa tipe sangat kecil 1 TB tiga lantai memiliki luas 13,4 x 7,4 meter dan dapat menampung 66 santri.

"Kemenpera berharap pembangunan Rusunawa Ponpes di Kabupaten Agam ini bisa segera dilaksanakan sehingga dapat dimanfaatkan segera oleh para santri," tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Agam untuk mempermudah perizinan pembangunan rumah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News