Korban MH17 Mulai Dipulangkan

Korban MH17 Mulai Dipulangkan
Korban MH17 Mulai Dipulangkan

jpnn.com - JAKARTA- Jenazah korban jatuhnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 akan mulai dipulangkan. Pada kloter pertama, 22 Agustus nanti, sebanyak 16 jasad korban akan diterbangkan menuju Kuala Lumpur Malaysia dari Belanda.

Seluruh jenazah tersbeut akan diterbangkan dengan menggunakan penerbangan khusus dari negeri paman sam tempat dilakukannya proses identifikasi. Sayangnya, dalam pemulangan itu, belum ada daftar nama jenazah warga negara Indonesia (WNI) yang turut dipulangkan.

Rencananya, setiba di negeri Jiran, jenazah akan langsung diterima oleh Raja, Perdana Menteri serta sejumlah pejabat tinggi Malaysia. "Yang dipulangkan tanggal 22 Agustus nanti seluruhnya warga negara Malaysia," ujar Koordinator Konsuler KBRI Kuala Lumpur, Dino Nurwahyudin kemarin. sementara, lanjut dia, untuk jenazah WNI sendiri hingga kini masih dilakukan proses identifikasi. 

Senada dengan Dino, Wakil Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Lalu Muhammad Iqbal mengatakan proses identifikasi jenazah korban pesawat yang jatuh pada 17 Juli lalu ini memang masih terus berjalan. Hingga kini, baru dua jenazah WNI yang dapat teridentifikasi. 

"Info dari pak Anton (Direktur Eksektutif Disaster Victim Identification "(DVI) Polri Komisaris Besar Anton Castilani) itu ada dua yang sudah teridentifikasi. Yang jelas, proses identifikasi terus berlanjut di Hilversum," Belanda," ungkapnya. 

Saat ditanyakan mengenai identitas kedua korban tersebut, Iqbal menolak mengemukakannya. Menurutnya, identitas tidak" bisa diberikan sebelum ada kejelasan" rencana pemulangan dari Belanda. "Pada saatnya akan kita infokan," katanya.

Informasi yang diberikan oleh Anton sendiri menyatakan bahwa dua jasad WNI tersebut merupakan jasad dua orang dewasa. Satu laki-laki dan satu perempuan. Tim DVI berhasil mengidentifikasi korban setelah data antemortem dan postmortem yang dicocokkan. 

Jenazah pria, misalnya, teridentifikasi dari gigi geligi dan cincin kawin yang tertulis nama sang istri dan tanggal pernikahan.Sementara jenazah wanita, berhasil diidentifikasi berdasarkan sidik jari yang menjadi penentu primer. 

JAKARTA- Jenazah korban jatuhnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 akan mulai dipulangkan. Pada kloter pertama, 22 Agustus nanti, sebanyak 16

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News