Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Derawan

Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Derawan
Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Derawan

jpnn.com - BERAU - Beragam cara unik dilakukan masyarakat Berau, Kaltim, dalam memperingati Hari Kemerdekaan ke-69 Republik Indonesia (RI). Seperti yang dilakukan anggota Berau Coal Diving Club di Pulau Derawan, kemarin.

Sekitar 20 anggota komunitas selam ini dengan semangat nasionalisme mengibarkan bendera merah  putih di dasar laut Pulau Derawan, kemarin pagi.

Pengibaran bendera merah putih dilakukan di jetty  point kedalaman 7 meter. Pengibaran bendera dikomandoi oleh Aditya Irawan dengan inspektur  upacara Muh Ector Prasetyo.

Perlu Persiapan matang untuk pengibaran bendera di dasar laut tersebut. Butuh keahlian tersendiri dan memiliki tantangan yang harus dihadapi berupa keseimbangan bawah laut (bouyancy), arus laut, tingkat kejernihan air yang berpengaruh pada jarak pandang. Selain itu, minimnya komunikasi di bawah air yang hanya berupa bahasa isyarat.

"Pengibaran bendera bawah air ini adalah bentuk rasa cinta dan syukur  kami terhadap ibu pertiwi Indonesia. Kami bangga memiliki keindahan bawah laut yang sangat bagus" ujar Arif Hadianta, anggota Berau Coal Diving Club, kemarin.

Menurut Arif, pengibaran bendera bawah laut ini juga bagian untuk mempromosikan wisata bahari Pulau Derawan, dan mendorong wisatawan  untuk menikmati keindahan bawah laut dengan penyelaman ramah lingkungan atau eco diving.

Berau Coal Diving Club merupakan sebuah kelompok selam yang berisi  karyawan dan stakeholder PT Berau Coal. Kelompok selam ini telah  melakukan beberapa kegiatan seperti penanaman terumbu karang, kampanye cinta lingkungan bersih laut, pendataan terumbu karang/eco diving reef check, kampanye cinta dan selamatkan Pulau Kakaban bersih dari sampah, dan kegiatan bersih-bersih pantai Pulau Derawan dan Maratua. (fir)


BERAU - Beragam cara unik dilakukan masyarakat Berau, Kaltim, dalam memperingati Hari Kemerdekaan ke-69 Republik Indonesia (RI). Seperti yang dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News