Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut

Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut
Para peserta upacara bendera bawah laut dari SSI berpose bersama usai pengibaran bendera dalam rangka perayaan HUT RI ke-69. Foto: Istimewa/JPNN.com

jpnn.com - KOLAKA - Banyak cara yang dilakukan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-69 Republik Indonesia. Seperti yang dilakukan sejumlah club diving di Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu (17/8) dengan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut.

Club diving ini berasal dari sejumlah daerah di Sultra. Di antaranya, Kendari, Wakatobi, Baubau, Muna dan Kolaka dengan nama Alexa Scuba, Kolaka Diving Club, Antam Diving Club, Langkoe Diving Club Unhalu, Underwater Diving Club, serta Wakatobi Dive Trip.

Club diving binaan Scuba School International (SSI) ini memilih lokasi Ellys Pinnacle Coral yang terletak di kawasan pulau buaya Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka sebagai tempat pengibaran sang saka merah putih.

Alasannya, kawasan ini relatif cukup aman untuk upacara pengibaran bendera serta mengingatkan mereka tentang pelestarian terumbu karang. Sebab kawasan Ellys Pinnacle Coral 70 persen merupakan karang bagus dan 30 persen diantaranya karang mati yang diakibatkan ulah tidak bertanggung jawab pengebom ikan.

Instruktur SSI, Elisnawati yang menjadi inspektur upacara pengibaran bendera bawah laut mengungkapkan, kegiatan seperti ini sudah beberapa kali dilakukan di Sulawesi Tenggara. Namun untuk di perairan Kolaka baru kali ini dilaksanakan. Sebelumnya hanya di Wakatobi.

"Kita ingin merayakan Indonesia Independence Day dibawah laut. Yang ikut upacara pengibaran bendera sekitar 22 orang. Yang lain menyaksikan dari atas saja. Jadi yang ikut kegiatan ini hampir 40 orang. Kami mengibarkan bendera di kedalaman lebih dari sepuluh meteran," jelas Elis kepada KendariNews (Grup JPNN.com).

Melalui upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-69 tahun ini, para diver ingin menunjukkan pada generasi muda, bahwa wilayah Indonesia dengan kekayaannya tidak hanya ada di daratan.

Tetapi wilayah lautan juga merupakan NKRI yang perlu dijaga. Sehingga keanekaragaman alam bawah laut khususnya wilayah Kolaka ini tetap lestari demi masa depan. Apalagi terumbu karang Kolaka cukup dapat diperhitungkan utamanya bagi para pecinta alam bawah laut. (kdi/awa/jpnn)


KOLAKA - Banyak cara yang dilakukan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-69 Republik Indonesia. Seperti yang dilakukan sejumlah club diving di Kolaka,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News