Muhaimin Optimis Tenaga Kerja Indonesia Siap Saing di ASC 2015

Muhaimin Optimis Tenaga Kerja Indonesia Siap Saing di ASC 2015
Muhaimin Optimis Tenaga Kerja Indonesia Siap Saing di ASC 2015

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar optimis pekerja Indonesia siap bersaing dan berkompetisi di ajang ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 meski tingkat persaingan antar negara-negara Anggota ASEAN semakin tinggi.

“Peningkatan persaingan tenaga kerja bahkan sudah mulai terasa saat ini. Maka pemerintah terus berbenah dan bersiap menghadapi tahun 2015 dengan melibatkan juga peran serta pihak swasta dan dunia industri,“ kata Muhaimin usai Diskusi Kebijakan ILO-ADB tentang Komunitas ASEAN 2015 di Jakarta, Rabu (20/8).

Dikatakan, selama ini pemerintah terus membenahi aspek-aspek ketenagakerjaan terkait pesiapan menyongsong pelaksanaan AEC 2015. Ada beberapa persiapan matang yang dilakukan untuk berkompetisi dengan negara-negara ASEAN lainnya.

"Langkah pertama adalah penyempurnaan aspek regulasi yang melindungi tenaga kerja dan  adanya peningkatan standarisasi kompetensi kerja serta kapasitas para pekerja Indonesia,” kata Muhaimin.

Langkah lainnya adalah percepatan sertifikasi kompetensi dan keterampilan kerja berstandar regional dan internasional dengan melibatkan lembaga pelatihan dan lembaga pendidikan.

“Kita memang mempunyai pekerjaan rumah yang cukup sulit yaitu sekitar 45 persen pekerja  ulusan SD dengan usia produktif. Ini juga perlu digarap untuk mengisi sektor-sektor padat karya dengan middel skill di pasar kerja yang masih menggairahkan," ujar Menteri asal Jawa Timur itu.

Muhaimin menambahkan untuk mempersiapkan pekerja Indonesia agar siap berkompetisi, kementerian yang dia pimpin beserta   kementerian lain terus memperkuat pengembangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sebagai salah satu infrastruktur yang strategis dalam menata SDM nasional Indonesia.

“Penerapan SKKNI dalam pengembangan SDM memiliki peranan besar sebagai acuan dalam pengembangan program pendidikan dan pelatihan dan acuan dalam sertifikasi kompetensi tenaga kerja,” jelasnya. (fat/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Whos The Next Karen?

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar optimis pekerja Indonesia siap bersaing dan berkompetisi di ajang ASEAN Economic


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News