Wisuda IPB Digegerkan Teror Bom

Wisuda IPB Digegerkan Teror Bom
Wisuda IPB Digegerkan Teror Bom

jpnn.com - BOGOR - Wisuda ribuan mahasiswa Diploma III IPB diwarnai insiden temuan benda mencurigakan yang diduga sebagai bom, di sekitar lokasi wisuda, di Graha Widya Wisuda (GWW) IPB, Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, kemarin.

Benda itu ditemukan kali pertama sekitar pukul 11:30, oleh pedagang kopi, Abdul Gofar (37) yang berjualan di sekitar kampus. Gofar mengatakan, dirinya sedang berjualan keliling kampus ketika melihat seorang pria yang tampak panik dan menabrak tong sampah sambil memasukkan tas hitam ke dalam tong sampah.

"Ya, curiga melihat seorang pria panik, ketika dihampiri malah kabur. Ciri-cirinya kurus, rambut ikal, mengenakan celana panjang cokelat, dan kemeja hitam," ungkapnya.

Gofar mengaku sempat membuka tas tersebut, dan terkejut ketika melihat benda seperti aki yang tersambung kabel berwarna kuning. Menaruh curiga, Gofar lantas melapor ke satpam IPB."Saya juga sempat mencari pria yang tadi menaruh tas, tapi tidak ketemu," kata dia.

Satpam IPB, Rifki Permana yang mendapat laporan tersebut langsung berkoordinasi dengan kepala sekuriti dan mengubungi Polsek Dramaga. "Setelah (laporan) dicek, ada sebuah tas warna hitam berukuran sekitar 20 x 30 sentimeter," ujarnya.

Kapolsek Dramaga AKP Syaifuddin Gayo yang langsung datang ke lokasi, langsung mengamankan temuan tersebut. Namun, kata Gayo, setelah diperiksa oleh tim Jihandak Polda Jawa Barat, benda tersebut ternyata baterai (aki) untuk kamera DSLR.

"Ya, itu baru kami ketahui setelah dicek oleh Jihandak. Tak berapa lama ada seorang pria datang ke kantor polsek, dia kehilangan sebuah tas baterai yang digunakan untuk baterai kamera. Setelah dilihat, barang yang tadinya diduga bom ini ternyata benar miliknya," papar Gayo.

Bom palsu itu, ternyata milik Rafiyudin (45), warga Tapos Tegah, Kecamatan Ciampea. Rafiyudin adalah fotografer keliling yang biasa melayani momen wisuda. Dia memiliki studio mini dan baterai cadangan untuk kamera. 

BOGOR - Wisuda ribuan mahasiswa Diploma III IPB diwarnai insiden temuan benda mencurigakan yang diduga sebagai bom, di sekitar lokasi wisuda,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News