Tidak Ada Cara Lain, Kubu Prabowo Harus Legowo

Tidak Ada Cara Lain, Kubu Prabowo Harus Legowo
Tidak Ada Cara Lain, Kubu Prabowo Harus Legowo

jpnn.com - PARTAI pengusung pasangan capres Prabowo-Hatta langsung menggelar konferensi pres setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk menolak gugatan pilpres yang diajukan pasangan nomor satu itu. Selain mengakui dan menerima kekalahan, para pengusung partai itu mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya.

”Kepada para pendukung, kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan, dukungan dan doa Anda sekalian. Kami merasakan kekecewaan anda semua dan tidak akan melupakan perjuangan kita selama ini," kata juru bicara koalisi Merah Putih Tantowi Yahya, saat menggelar konferensi pers di Hotel Grand Hyatt, Kamis (21/8).

Tantowi mengatakan, meski menerima kekalahan pihaknya akan terus berjuang demi bangsa dan negara. "Kita ingin menjadi bangsa yang bediri di kaki sendiri. Indonesia tidak akan menyerah kepada kepentingan asing," ujar Tantowi.

Terpisah, pakar hukum tata Negara, Margarito Kamis, mengingatkan seluruh masyarakat harus menerima putusan MK, suka ataupun tidak. Karena ini bagian dari demokrasi. “Kepada seluruh pendukung legowo atau tidak legowo, ya harus terima. Hukum tidak menyediakan jalan lain untuk Anda menyatakan tidak suka. Jadi Anda harus terima” ujarnya saat dihubungi INDOPOS (Grup JPNN.com), Kamis (21/8).

Margarito juga menjelaskan bahwa MK adalah lembaga hukum tertinggi, yang hasil putusannya sudah tidak dapat diganggu gugat secara hukum. Langkah hukum lain tidak akan bisa melawan putusan MK. “Tidak ada jalan hukum lain yang tersedia untuk tidak menerima hasil Mahkamah Konstitusi. Tidak ada jalan. Secara hukum kita, secara konstitusional, tidak ada jalan hukum untuk mempertanyakan hasil hukum mahkamah konstitusi,” tegas Margarito.

Lebih lanjut dirinya juga mengingatkan, para relawan juga harus dapat menerima hasil keputusan MK. Bila ada oknum yang berusaha menggerakkan massa untuk beraksi anarkis dan merusak, puluhan ribu pihak berwajib yang sudah disiagakan dapat langsung turun mengamankan.

“Lebih baik pulang dan tetap menjaga ketertiban, karena kalau rusuh yang berhadapan dengan pihak kemanan,” pungkasnya.

Sementara itu, politisi senior Golkar yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X meminta agar seluruh warga selalu menjaga situasi yang damai dan tidak terpancing provokasi terkait hasil sidang sengketa Pilpres 2014 MK.

PARTAI pengusung pasangan capres Prabowo-Hatta langsung menggelar konferensi pres setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk menolak gugatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News