Dandim Resah Pelaku Kejahatan Pakai Baju Loreng Marak

Dandim Resah Pelaku Kejahatan Pakai Baju Loreng Marak
Dandim Resah Pelaku Kejahatan Pakai Baju Loreng Marak

jpnn.com - REMBANG - Korps TNI khususnya jajaran Kodim 0720/Rembang kini mengaku resah atas sering munculnya tindak kejahatan mengatasnamakan oknum TNI yang ada di wilayah setempat. Kuat dugaan para pelaku yang mengaku TNI itu mempedayai korbannya dengan menggunakan ilmu hipnotis.

Hal itu diungkapkan Dandim 0720/Rembang Letkol Inf. Wawan Indarwanto di sela-sela mengisi materi sosialisasi di Lantai 4 kantor Sekda Rembang, Jumat (22/8). Berbagai tindak penipuan serupa dengan mengatasnamakan TNI juga pernah terjadi di Kudus, Pati, Demak dan Blora dan kota-kota lainnya. Meskipun dengan modus yang mudah dikenali, kata Dandim Wawan, namun ternyata masih ada saja warga yang tertipu.

“Kami tidak pernah secara seenaknya dengan cara meminjam barang milik warga seperti kejadian baru-baru ini. Mungkin saja pelaku memakai hipnotis atau cara apa hingga masyarakat merasa tidak tertipu tidak berdaya seperti meminjamkan sepeda motornya kepada orang tidak dikenal,” ujar Dandim Wawan.

Dandim Wawan berharap dengan modus kejahatan yang dilakukan pelaku itu tidak membuat masyarakat mudah percaya bahwa pelaku kejahatan benar-benar anggota TNI. Karena itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kesadaran.

“Warga mohon berhati-hati, karena kami tidak pernah memerintahkan anggota kami untuk memesan makanan sampai sekian ratus bungkus di tempat yang tidak mungkin bisa memenuhi,” tukasnya.

Sementara itu, Sekda Rembang Hamzah Fathoni juga meminta masyarakat diharap tanggap informasi dan mengenali berbagai modus kejahatan yang sering dilakukan.

“Kewaspadaan masyarakat dalam menangkal kejahatan di Rembang memang perlu ditingkatkan. Bisa dengan edaran maupun informasi lainnya, yang terpenting adalah untuk mengenali berbagai modus yang ada di dalam tindak kejahatan,” paparnya.

Selain itu, kata Hamzah, peran Pers sangat penting untuk memberikan pencerahan dalam bentuk informasi terhadap masyarakat. Dirinya menghimbau media untuk berhati-hati jangan sampai menggiring pembaca terjebak dalam opini sesat.

REMBANG - Korps TNI khususnya jajaran Kodim 0720/Rembang kini mengaku resah atas sering munculnya tindak kejahatan mengatasnamakan oknum TNI yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News