Industri Otomotif Siap Hadapi AEC 2015

Industri Otomotif Siap Hadapi AEC 2015
Industri Otomotif Siap Hadapi AEC 2015

jpnn.com - JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia menggandeng Kementerian Pendidikan Nasional dalam rangka menyambut ASEAN Economic Community (AEC) pada Januari 2015 mendatang.

Sebagai bagian dari industri automotif Tanah Air, dan sebagai bentuk kepedulian Daihatsu terhadap dunia pendidikan nasional, melalui aktivitas corporate social responsibility (CSR), Daihatsu meluncurkan Program Pintar Bersama Daihatsu (PBD) bersinergi dengan pemerintah dalam hal ini dunia pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Implementasi AFTA 2015 akan melahirkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan konsekuensi tenaga kerja yang mampu bekerja di negara ASEAN lainnya tanpa hambatan dan hanya bermodal ketrampilan dan keahlian. Jadi, Indonesia harus siap," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra di Jakarta, kemarin.

Amelia menambahkan, persaingan di segala lini industri tak terkecuali automotif akan semakin ketat. Daihatsu bersama Dinas Pendidikan sejumlah Provinsi menyusun kurikulum SMK serta mengimplementasikannya di sejumlah SMK Binaan.

Kurikulum tersebut membekali guru dan siswa SMK dengan ketrampilan dasar (basic skill), dan budaya industri (industrial culture) sehingga lulusan SMK memiliki daya saing yang tinggi, trampil, kompeten, dan siap pakai di dunia industri.

Selama ini, lanjut Amelia, didukung oleh SDM yang haterampil, Daihatsu berhasil menjadi merek nomor dua dengan volume penjualan terbesar. Di pasar dalam negeri, Daihatsu selama periode Januari-Juli 2014 berhasil menjual 111.464 unit, naik 7% dibandingkan periode yang sama 2013 sebanyak 103.923 unit.

"Sementara retail sales Daihatsu mencapai 108.068 unit, naik 5% dibandingkan periode yang sama 2013 sebanyak 102.571 unit. "Kami bersyukur penjualan Daihatsu telah melewati angka psikologis 100.000 unit dan terus menunjukkan tren positif selama periode Januari " Juli 2014," ujar Amelia Tjandra.

Mobil LCGC Daihatsu Ayla menjadi penyumbang terbesar penjualan Daihatsu. Ayla berhasil terjual 26.969 unit, menyumbang 24,2 persen dari total penjualan atau model terlaris ketiga. Terlaris pertama masih disumbang Gran Max, 38.831 unit dan berkontribusi 34,9 persen. Sedangkan, Xenia menyumbang 25,8 persen atau 28.805 unit sebagai terlaris kedua.

JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia menggandeng Kementerian Pendidikan Nasional dalam rangka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News