Tim Transisi Kaji Pembentukan Kementerian Koordinator LH

Tim Transisi Kaji Pembentukan Kementerian Koordinator LH
Tim Transisi Kaji Pembentukan Kementerian Koordinator LH

jpnn.com - JAKARTA - Tim Transisi masih terus menggodok arsitektur kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Selain mengkaji ide-ide sendiri, tim ini juga menerima masukan dari pihak eksternal terkait arsitektur kabinet.

Salah satu usulan yang muncul berasal dari organisasi, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). Menurut Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto, Walhi mengusulkan sebuah kabinet yang menjadikan lingkungan hidup sebagai poros utama.

"Usulan dari Walhi unik. Mereka menawarkan lima menteri koordinator dan 19 kementerian. Jadi totalnya 24 kementerian. Dan Kementerian Lingkungan Hidup (LH) dijadikan koordinator oleh mereka. Ini usulan menarik," kata Andi di kantor Tim Transisi, Jakarta, Rabu (27/8).

Dalam usulan tersebut, Kementerian Kehutanan dan Kementerian ESDM ditempatkan di dalam lingkup kerja Kemenko LH. Dengan struktur seperti ini,  diharapkan usaha produktif di sektor kehutanan dan pertambangan akan  pelestarian lingkungan sebagai pendekatan utama.

Lebih lanjut Andi mengatakan, usulan Walhi saat ini tengah dikaji oleh salah satu pokja Tim Transsi. Jika dinilai realistis, maka Tim Transisi akan menyerahkan kepada Jokowi sebagai salah satu opsi arsitektur kabinet. "Itu (usulan Walhi) diintegrasikan nanti menjadi salah satu usulan pokja," pungkasnya. (dil/jpnn)

 


JAKARTA - Tim Transisi masih terus menggodok arsitektur kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Selain mengkaji ide-ide sendiri, tim ini juga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News