Minum Kopi bisa Melindungi Mata dari Kebutaan

Minum Kopi bisa Melindungi Mata dari Kebutaan
Minum Kopi bisa Melindungi Mata dari Kebutaan

jpnn.com - PENELITIAN terbaru mengungkap bahwa meminum kopi mampu memberikan kesehatan bagi mata. Jaringan mata lebih terjaga sehingga memperlambat masalah penurunan kemampuan (degenerasi) dalam melihat objek pandangan.

Peneliti menemukan di dalam minuman berkafein ini terkandung chlorogenic acid sebesar 7 hingga 9 persen. Zat tersebut adalah antioksidan kuat yang membantu menangkal radikal bebas dalam menyebabkan penurunan kualitas jaringan. Pada percobaan dengan tikus, zat tersebut berkhasiat mencegah degenerasi di bagian retina mata.

Menurut penulis studi yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry ini, Chang Lee, temuan tersebut menegaskan bahwa kopi menjadi bagian dari makanan fungsional, yaitu makanan yang membantu kesehatan secara alami. Dengan demikian, minum kopi secara tidak berlebih memberikan kebaikan bagi tubuh.

"Kopi adalah minuman yang paling populer di dunia, dan kami sedang meneliti manfaat yang diperoleh dari kopi," kata Lee, seperti dilansir laman GuardianLV, Jumat (29/8).

Sebagai indera penglihatan, retina mata memiliki peran yang penting. Gunanya untuk menerima dan memberikan informasi secara visual untuk diteruskan ke otak. Di dalamnya ada jutaan sel yang sangat peka cahaya dan sel saraf. Dan, retina merupakan jaringan paling aktif dalam metabolisme tubuh.

Hanya saja sel dalam retina juga peka terhadap stres oksidatif atau hipoksia. Serangan radikal bebas tersebut dapat menurunkan kemampuan mata untuk melihat.

Retina juga dapat rusak oleh pengaruh penyakit seperti diabetes, penuaan, dan glaukoma. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya antioksidan sangat baik melindungi jaringan tubuh dari pengaruh radikal bebas, termasuk di bagian mata dan kopi adalah salah satu sumber antioksidan. (fny/jpnn)


PENELITIAN terbaru mengungkap bahwa meminum kopi mampu memberikan kesehatan bagi mata. Jaringan mata lebih terjaga sehingga memperlambat masalah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News