Mahfud Soroti Munculnya Hukum Konservatif

Mahfud Soroti Munculnya Hukum Konservatif
Mahfud Soroti Munculnya Hukum Konservatif

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengkritisi persoalan hukum di Indonesia. Menurutnya, justru selama lima tahun ini di Indonesia muncul hukum konservatif.

Mahfud menjelaskan, hukum konservatif ini ditandai oleh tiga hal. Ciri pertama hukum konservatif adalah pembuatannya  yang didominasi oleh elite, tukar menukar kepentingan di antara elite, dan dipaksakan oleh elite pula.

Mahfud menjelaskan, kesepakatan soal penyusunan aturan sebenarnya justru dilakukan di hotel-hotel. Sementara di gedung DPR hanya untuk formalitasnya saja. "Sepihak dipaksakan oleh elite namun seakan-akan membela rakyat," kata Mahfud saat hadir sebagai pembicara pada acara  peluncuran buku "Indonesia Gawat Darurat" karangan politisi Golkar, Bambang Soesatyo di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (31/8).

Mahfud menambahkan, hukum konservatif juga dicirikan dengan penegakan hukum yang tidak pernah bagus. "Penegakan hukum kita saling tersandera satu sama lain," ucapnya.

Ciri hukum konservatif berikutnya adalah banyak peluang untuk ditafsirkan secara sepihak oleh pemerintah, elite politik dan penegak hukum. "Siapa yang paling menentukan dalam mozaik politik itu yang kemudian menentukan hukum," ujar Mahfud.

Guru besar ilmu hukum tata negara itu menegaskan, politik yang bersifat oligarki juga menjadi faktor yang menyebabkan hukum konservatif terjadi di Indonesia. "Politik kita oligarkis sehingga jadi hukum konservatif," tandasnya.(gil/jpnn)

 


JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengkritisi persoalan hukum di Indonesia. Menurutnya, justru selama lima tahun ini di Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News