Gunung Sinabung Masih Muntahkan Guguran Lava

Gunung Sinabung Masih Muntahkan Guguran Lava
Gunung Sinabung Masih Muntahkan Guguran Lava

jpnn.com - NAMANTERAN - Hingga kini aktivitas vulkanologi Gunung Sinabung belum memperlihatkan tanda–tanda penurunan statusnya dari Siaga (level III). Pasalnya, aktivitas kegempaan yang masih tergolong tinggi, dimana gempa tremor dan guguran masih terus berlangsung setiap hari.

 

Hal ini dikatakan Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Sinabung, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Armen Putra, Minggu (31/8).
 
“Untuk guguran lava, setiap harinya dapat berlangsung dengan rata–rata sebanyak 50 kali. Guguran tersebut berpotensi menjadi awan panas apabila ada tekanan yang kuat dari dalam. Maka untuk itu, kepada masyarakat sekitar agar jangan memasuki kawasan zona merah (3 KM) dari puncak kawah guna menghindari hal–hal buruk yang dapat terjadi,” imbau Armen.

Pantauan Posmetro Medan (Grup JPNN) di lapangan, dampak pascaerupsi Sinabung beberapa waktu lalu masih belum dapat dikatakan normal.
 
Dani Sembiring (35) warga Desa Sigarang–garang ketika disambangi di kediamannya mengatakan, warga di sana terpaksa kerja serabutan demi memenuhi kebutuhan sehari–hari.

Pasalnya, masyarakat yang dominan petani ini belum dapat mengolah lahan pertaniannya, setelah diterjang badai erupsi. Ketebalan debu pada lahan pertanian mereka menyebabkan tidak dapat tanaman tumbuh normal.

“Sampai saat ini kami belum bisa mengolah lahan pertanian kami, jadi terpaksalah kami bekerja apa saja agar dapat bertahan hidup. Untuk tambah–tambahnya, debu erupsi kemarin kami jual seharga Rp5 ribu segoni (karung–red). Itu pun kalau ada mobil pengangkut yang datang kemari,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Karo diharapkan lebih memperhatikan nasib warga yang terkena dampak langsung erupsi Sinabung. Sebab hingga saat ini sepertinya hanya janji–janji manis saja yang diberikan, tidak ada realisasinya.

Bencana erupsi Sinabung yang berkepanjangan telah menimbulkan dampak yang tidak sedikit terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Dimana hingga saat ini, masih ada pengungsi yang mendiami lokasi – lokasi pengungsian.
 
Selain itu, sarana dan prasarana terutama jalan–jalan yang merupakan jalur evakuasi apabila terjadi bencana susulan hingga saat ini belum juga tersentuh perbaikan. Amatan koran ini, di Kecamatan Naman Teran (jalanan menuju Danau Lau Kawar), ada bagian jalan longsor dibiarkan.

NAMANTERAN - Hingga kini aktivitas vulkanologi Gunung Sinabung belum memperlihatkan tanda–tanda penurunan statusnya dari Siaga (level III).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News