Komisi III Sentil Keterlibatan Polisi dalam Peredaran Narkoba Nasional

Komisi III Sentil Keterlibatan Polisi dalam Peredaran Narkoba Nasional
Komisi III Sentil Keterlibatan Polisi dalam Peredaran Narkoba Nasional

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Martin Hutabarat menyebut penangkapan Perwira Menengah Polda Kalimantan Barat (nonjob) AKBP Idha Endri Prastiono dan Bripka MP Harahap yang bertugas di Polsek Entikong, Polres Sanggau, oleh polisi Diraja Malaysia di wilayah Kuching, sangat memalukan.

Di Komisi yang ruang lingkupnya seputar hukum, HAM dan keamanan itu, kata Martin, berharap Kapolri Jenderal Polisi Sutarman langsung memberhentikan oknum anggotanya yang dibekuk dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh Polisi Diraja Malaysia.

"Ini sangat memalukan. Bermain antar negara sampai begitu. Itu karena kurangnya pengawasan. Saya kira harus diberhentikan, sudah OTT di negara lain saya minta Kapolri menindaklanjuti masalah ini," kata Martin di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (1/9).

Kasus ini menurut politisi Gerindra itu semakin meyakinkan masyarakat jika Polri ikut bermain dalam peredaran narkoba di tanah air. "Karena itu Polri harus melakukan introspeksi diri karena bisa jadi banyak oknum Polri yang bermain dengan pemberantasan narkoba."

Anggota Komisi III lainnya, Sarifuddin Sudding mengatakan bahwa itu sangat memprihatinkan karena ada oknum Kepolisian yang terlibat dalam jaringan transnasional dalam kejahatan narkoba hingga ditangkap oleh Kepolisian Malaysia.

"Saya kira institusi kepolisian harus memberikan suatu hukuman yang berat karena ini masalah trust institusi kepolisian dalam konteks pemberantasan narkotika sebagai penegak hukum," tegasnya.

Dikatakannya, sejak awal Komisi III meminta Polri melakukan pembenahan internal. Dalam konteks reformasi birokrasi internal. Sebab, institusi Polri merupakan garda terdepan dalam hal pelayanan publik khususnya dalam memberikan keamanan dan kenyamanan serta mencegah peredaran narkotika.

"Kalau orang yang diberi amanah untuk mengawasi, atau menindak pelaku peredaran narkotika namun dia sendiri melakukan. Itu adalah hal yang sangat memprihatinkan kita semua," tandasnya. (fat/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Martin Hutabarat menyebut penangkapan Perwira Menengah Polda Kalimantan Barat (nonjob) AKBP Idha Endri Prastiono


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News