Sajikan Es Krim Lebih Variatif

Sajikan Es Krim Lebih Variatif
Lavender Ice Cream (Dite Surendra/ Jawa Pos)

jpnn.com - ES krim bak idola bagi semua kalangan usia. Es krim bisa disajikan dalam berbagai varian rasa sesuai selera. Asyik dinikmati sendiri, makin seru disantap beramai-ramai bersama teman maupun keluarga.

******

Es krim merujuk pada dessert atau sajian penutup. Tak salah pula es krim disantap pagi, siang, maupun malam. Bisa berfungsi sebagai camilan maupun pendamping makanan utama.

Beberapa orang memercayai es krim sebagai pembangkit semangat atau teman saat sedih. ’’Katanya kalau makan es krim, mood kembali bagus. Itu sihkepercayaan beberapa orang saja,’’ kata chef Andri Aryono.

Dia menjelaskan, bahan utama es krim adalah susu sapi. Bisa berbentuk cair maupun krim, yang kemudian dibekukan. Lebih nikmat, bahan utama itu digabungkan dengan pemanis atau bahan lain. Es krim relatif netral. Artinya, mudah diberi sentuhan atau dikombinasikan dengan bahan lain.

Rasa dasar es krim seperti susu beku yang tawar. Rasa manis es krim diciptakan dari pemanis yang telah dicampurkan ke dalam proses pembuatan. Bila menggemari segala hal yang alami, menurut executive sous chef JW Marriott Hotel Surabaya itu, rasa pada es krim bisa diperoleh dari buah-buahan yang dihaluskan (puree). Tiga rasa yang sering dijumpai adalah cokelat, stroberi, dan vanila. Pilihan lain rasberi, cherry, pisang, dan kiwi.

Tak tertutup kemungkinan, es krim dikombinasikan dengan kacang, jeli,whipped cream, dan agar-agar. Semua bahan tambahan tersebut disajikan sesuai dengan selera pembuat. ’’Tidak ada patokan bahan apa yang cocok pasti dengan es krim. Semua bahan cocok saja,’’ ungkap chef kelahiran Semarang, 28 Juni 1979, tersebut.

Andri kali ini menciptakan varian rasa baru. Yaitu, es krim lavender. Rasa lavender yang manis nan khas tersebut diperoleh dari sirup lavender danlavender essence. Sebagai penyempurna, dia menambahkan jeli lavender. Jeli berbentuk bulat kecil ibarat telur ikan itu dihasilkan dari proses cetak, yang disebut teknik caviar.

ES krim bak idola bagi semua kalangan usia. Es krim bisa disajikan dalam berbagai varian rasa sesuai selera. Asyik dinikmati sendiri, makin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News