E-KTP Satu Keluarga Setahun Tak Selesai

E-KTP Satu Keluarga Setahun Tak Selesai
E-KTP Satu Keluarga Setahun Tak Selesai

jpnn.com - PEKANBARU - Keluarga Darnil yang tinggal di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kecamatan Sukajadi menyalahkan petugas UPTD Sukajadi. Sudah hampir setahun e-KTP miliknya, serta anak dan istrinya tidak juga selesai.

Darnil menilai petugas sangat lamban memproses permohonan e-KTP miliknya tersebut.       “Sudah jauh-jauh datang ke kantor kecamatan (UPTD Disdukcapil di kecamatan), tetapi belum selesai juga, padahal sudah hampir setahun ini kami melakukan perekaman. Petugas bilang kami disuruh bersabar kembali,” ungkap Darnil pada Riau Pos (Grup JPNN) Senin (1/9) kemarin.

Dirinya ingin menggunakan e-KTP tersebut untuk kepentingan beberapa hal. “Anak saya ingin memakai buka rekening tabungan dan buat melamar kerjaan, tetapi sayangnya kita tidak mendapatkan kepastian itu dari petugas kapan selesainya,” katanya.

Petugas meminta Darnil bersabar karena cetak e-KTP dilakukan di Jakarta. “Kata petugas cetaknya di pemerintah pusat jadi harus bersabar menunggunya,” kata Darnil mengulang peryataan petugas UPTD kecamatan tersebut.

Tidak hanya keluarga Darni, masih ada warga lainya yang e-KTP-nya belum kunjung selesai. “Kami melihat masih banyak warga lainya yang kecewa karena tidak selesai e-KTPnya juga. Saya sendiri KTP yang lama juga sudah di minta petugas ketika perekaman dulu jadi tak bisa pakai KTP yang lama juga,” sebutnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru, Baharuddin mengatakan, proses cetak e-KTP bukan berada di Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melainkan pemerintah pusat.

“Artinya memang harus menunggu pemerintah pusat mencetaknya. Saat ini sudah ada 5 ribu e-KTP justru belum diambil warga diseluruh kantor UPTd Disdukcapil kecamatan,” terang Baharuddin.(ilo)


PEKANBARU - Keluarga Darnil yang tinggal di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kecamatan Sukajadi menyalahkan petugas UPTD Sukajadi. Sudah hampir setahun e-KTP


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News