Bang Yos

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Bang Yos
Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com - Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso alias Bang Yos, mantan gubernur DKI Jakarta dan mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN), membuat heboh gegara menyampaikan kekhawaitrannya bahwa masuknya tenaga kerja asing (TKA) dari China bisa membawa akibat serius bagi kedaulatan bangsa Indonesia.

Bang Yos risau karena kedatangan TKA China, yang ribuan jumlahnya, bisa menjadi ancaman bagi keamanan dan kedaulatan bangsa. 

Ribuan TKA itu dicurigainya bukan sekadar tenaga kerja biasa, tetapi membawa misi lain penyelundupan manusia ke Indonesia. 

Dalam jangka panjang, Bang Yos mengkawatirkan akan terjadi migrasi gelap orang-orang China ke Indonesia.

Bang Yos bahkan mengingatkan migrasi terselubung ini bisa berkembang menjadi invasi besar-besaran yang pada akhirnya bisa memengaruhi keseimbangan demografi kependudukan di Indonesia. 

Bang Yos mengingatkan kasus yang menimpa Singapura dan Malaysia di masa silam. 

Ketika itu, etnis Melayu menjadi mayoritas di Singapura dan Malaysia. Akan tetapi kemudian keadaan berbalik. 

Di Singapura, etnis Melayu muslim menjadi minoritas, dan di Malaysia, bumiputra muslim tidak menjadi etnis yang dominan.

Letjen TNI (Purn) Sutiyoso alias Bang Yos risau karena kedatangan TKA China, yang ribuan jumlahnya, bisa menjadi ancaman bagi keamanan dan kedaulatan bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News