Arkeolog Asing Teliti Gua Harimau

Arkeolog Asing Teliti Gua Harimau
Arkeolog Asing Teliti Gua Harimau

jpnn.com - OGAN KOMERING ULU – Arkeolog dunia mulai melakukan penelitian di Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Aktivitas tersebut dilakukan terkait dengan adanya temuan puluhan kerangka manusia purba, khususnya di Gua Harimau.

Pada 7 September mendatang arkeolog dari tiga negara meneliti dan mengekskavasi gua yang terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, OKU, tersebut. Mereka akan meneliti bersama enam peneliti lain dari tim Arkeologi Nasional (Arkenas).

’’Di samping meneliti, mereka datang untuk melatih para peneliti muda dari Indonesia, bagaimana cara menganalisis tengkorak di Gua Harimau,’’ kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporabudpar) OKU Aufa S. Sarkomi, Selasa (2/9).

Sementara itu, Prof Truman Simanjuntak, pemimpin tim Arkenas untuk penelitian Gua Harimau, menambahkan bahwa peneliti mulai bekerja pada 11 September mendatang. Menurut dia, dalam waktu dekat, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala juga meninjau Museum Si Pahit Lidah di kawasan wisata Gua Puteri.

Untuk menindaklanjuti rencana pengembangan Museum Si Pahit Lidah, pada September ada pemantapan master plan untuk perluasan museum, laboratorium, penyimpanan, ruang publik, dan lainnya. ’’Nanti ada tim konsultan, tim lapangan, dan lainnya,’’ paparnya. (gsm/ce6/JPNN/c15/diq)


OGAN KOMERING ULU – Arkeolog dunia mulai melakukan penelitian di Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Aktivitas tersebut dilakukan terkait


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News