Makam Rasulullah Akan Dibongkar Itu Fitnah

Makam Rasulullah Akan Dibongkar Itu Fitnah
Makam Rasulullah Akan Dibongkar Itu Fitnah

jpnn.com - JAKARTA - Rencana pembongkaran makam Rasulullah ternyata cuma isu belaka. Pemerintah Arab Saudi sama sekali tidak pernah berencana memugar makam Rasul di Masjid Nabawi untuk dipindahkan ke pemakaman umum al-Baqi. Kepastian itu didapat setelah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengklarifikasi langsung Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa Ibrahim al-Mubarak.

Lukman mengaku terkejut dengan banyaknya berita tentang rencana pemindahan makam Rasulullah yang membuat heboh di tanah air. Makanya, dia mengunjungi Dubes Arab Saudi untuk mengklarifikasi langsung isu tersebut.

"Pagi tadi saya mengontak Dubes Arab Saudi untuk tabayun (klarifikasi). Tabayun ini penting dilakukan kepada pihak yang memiliki otoritas resmi. Kami bertemu siang, dan kami diterima baik di sana," ucap Lukman di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (4/8).

Dalam pertemuan Lukman menyampaikan tanggapan dan keberatan sebagian besar umat Islam Indonesia dengan rencana pembongkaran makam Rasulullah.

"Dubes memberikan klarifikasi, rencana itu bukan sikap resmi pemerintah Arab Saudi. Berita dilansir media Inggris. Berita itu tidak benar. Pemerintah Arab Saudi sama sekali tidak mengeluarkan rilis itu. Bahkan dubes menyataakan, berita itu sebagai bagian fitnah," jelas politisi PPP ini.

Isu rencana pembongkaran ini pertama kali diungkap The Independent, koran ternama di Inggris. Pada edisi Senin (1/9), The Indipendent muat artikel yang berisi rencana itu. Sumber utama berita itu berasal dari proposal konsultasi yang diajukan akademisi dari Al-Imam Muhammad Ibn Saud Islamic University, Dr Ali bin Abdulaziz al-Shabal.

Dalam proposal setebal 61 halaman itu terdapat usulan penghancuran tempat-tempat suci, salah satunya makan Rasulullah yang terletak di bawah kubah hijau yang terletak di sudut tenggara (kiri depan) Masjid Nabawi, Madina. Alasannya, ada sebagian umat berziarah ke sana justru berbuat syirik. Selanjutnya, sisa-sisa jenazah Rasulullah akan dipindahkan ke pemakaman umum Baqi, yang terletak di sebelah Masjid Nabawi.

Kata Lukman, selama ini memang ada usulan perluasan Masjid Nabawi. Rencana perluasan itu terkait dengan letak makam Rasulullah yang ada di dalam masjid. Sehingga ada usul agar makam Rasulullah dipindahkan.

JAKARTA - Rencana pembongkaran makam Rasulullah ternyata cuma isu belaka. Pemerintah Arab Saudi sama sekali tidak pernah berencana memugar makam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News