Tinggal Kota Gorontalo Belum Tetapkan Formasi CPNS

Pohuwato Buka Lowongan CPNS untuk SLTA

Tinggal Kota Gorontalo Belum Tetapkan Formasi CPNS
Tes CPNS. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Sebanyak 123 daerah sudah membuka pendaftaran CPNS. Hanya saja jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan target Panselnas. Pasalnya, tahun ini ada 400-an pemda yang mendapatkan formasi CPNS.

"Dengan masih sedikitnya instansi daerah yang membuka pendaftaran, lanjutnya, otomatis semakin lama lagi waktu kerja Panselnas," kata Zainul Anwar Effendi, tim IT Panselnas, di Jakarta, Senin (8/9).

Ditambahkannya, banyak instansi daerah yang sudah ditetapkan rincian formasinya, enggan membuka pendaftaran CPNS. Alasannya menunggu kesiapan daerah lainnya (dalam satu provinsi) baru kemudian membuka pendaftarannya berbarengan. Misalnya di Gorontalo ada empat kab/kota yang mendapatkan formasi CPNS yaitu Kabupaten Bone Bolango (Bonbol), Kab Gorontalo Utara (Gorut), Kab Pohuwato, dan Kota Gorontalo.

"Karena dari empat itu ada satu (Kota Gorontalo) yang belum ditetapkan rincian formasinya, maka tiga kabupaten lainnya menunggu Kota Gorontalonya clear baru dibuka pendaftarannya," bebernya.

Hal ini menurut Zainul untuk mencegah terjadinya penumpukan pelamar di satu daerah. Dengan banyaknya pilihan, pelamar bisa memilih instansi mana yang disukai.

Sementara itu Deputi SDM Apatratur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan, Kab Bonbol mendapatkan alokasi formasi 66, Gorut 125, dan Pohuwato 172. Kota Gorontalo masih dalam proses penetapan rincian formasinya.

"Ketiga kabupaten di Gorontalo meminta formasi untuk tenaga pendidikan, administrasi, keuangan, tenaga pendidikan. Lulusannya minimal D3. Tapi khusus Kab Pohuwato mendapatkan formasi untuk lulusan SMA yang ditempatkan di Satpol PP," tuturnya.

Dalam rincian formasi CPNS di Pohuwato, terdapat alokasi tenaga pendidikan (guru bahasa Inggris, guru kelas pertama, guru Penjasoker, guru matematika, guru SDLB negeri, guru PPKn, guru SMK, guru bimbingan konseling, guru fisika. Ada juga  tenaga kesehatan untuk lulusan D3 kebidanan, keperawatan, dan farmasi.

JAKARTA -- Sebanyak 123 daerah sudah membuka pendaftaran CPNS. Hanya saja jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan target Panselnas. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News