Perbaikan Jalan di Perbatasan harus Masuk APBN

Perbaikan Jalan di Perbatasan harus Masuk APBN
Perbaikan Jalan di Perbatasan harus Masuk APBN

jpnn.com - JAKARTA – Kerusakan jalan negara di sejumlah kabupaten di Kalimantan Barat, terutama yang menjadi jalur menuju perbatasan Indonesia-Malaysia dinilai masih belum mendapatkan perhatian penuh pemerintah pusat.

Anggota DPR terpilih dari Kalbar Syarif Abdullah Alkadrie mengatakan seharusnya perbaikan jalan ini sepenuhnya masuk di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Selama ini, perbaikan jalan di sana hanya mengandalkan bantuan dari Asian Development Bank (ADB).

“Kalau ADB, itu dana dari orang luar yang tentunya banyak syaratnya. Akibat syarat-syarat tidak terpenuhi, akhirnya pemberian bantuan itu dibatalkan dan sekarang informasinya dana itu ditarik lagi,” kata Abdullah di Jakarta, Senin (15/9).

Abdullah mengatakan sejumlah ruas jalan yang rusak parah itu antara lain di Ambawang, Tayan, Sosok, Batang Tarang, Sanggau bahkan Kapuas Hulu. “Bahkan, yang paling rusak itu dari Tayan sampai ke perbatasan Entikong,” ujarnya.

Karenanya, ia menyatakan, harusnya ini menjadi prioritas pemerintah pusat. Dia pun berharap ini nantinya dimasukkan dalam APBN 2015 supaya tidak mengandalkan dana dari luar lagi. “Kita minta supaya dimasukkan ke APBN sebagai bentuk perhatian  pemerintah. Jangan sampai lagi dimasukkan ke ADB dan lain-lainnya,” papar dia.

Ia pun mempertanyakan komitmen pemerintah pusat. Sebab, saban tahun kerusakan jalan ini masih terjadi tanpa ada upaya perbaikan permanen. Dia mengatakan, seharusnya wilayah perbatasan menjadi perhatian karena  merupakan pintu gerbang negara.

“Ini merupakan daerah candradimuka, bukan candradibelakang. Ini harus menjadi prioritas pemerintah, karena berbatasan langsung daratan dengan Malaysia,” kata Ketua DPW Partai Nasdem Kalbar ini.

Dia menyesalkan untuk perbaikan jalan perbatasan ini tidak dimasukkan sepenuhnya ke dalam APBN. Menurutnya, ini seolah-olah mengesankan pemerintah pusat tidak memprioritaskan APBN untuk Kalbar. Padahal, perbatasan merupakan salah satu hal yang memperkuat NKRI.

JAKARTA – Kerusakan jalan negara di sejumlah kabupaten di Kalimantan Barat, terutama yang menjadi jalur menuju perbatasan Indonesia-Malaysia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News