Enam Rumah Dilahap si Jago Merah

Enam Rumah Dilahap si Jago Merah
Enam Rumah Dilahap si Jago Merah

jpnn.com - PANGKALAN BUN – Sebanyak enam rumah di Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), luluh lantak dilalap api, Selasa (16/9) pukul 00.12 WIB. Selain enam rumah yang telah menjadi arang, tercatat ada empat bangunan lainnya rusak ringan akibat amukan si jago merah.

Saksi mata, Kasman menceritakan, sebelum kejadian ia sedang bersenda gurau dengan rekan-rekannya di kediaman H Matsah (H Ugun) yang juga menjadi korban. Tiba-tiba muncul api dari rumah kosong milik H Heru.  

“Rumah itu kosong, kalau siang saja digunakan untuk istirahat para tukang bangunan,” ujarnya.

Setelah melihat api, ia bersama warga mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, namun api terus membesar dan merembet ke rumah lainnya. Besarnya kobaran api membuat warga kewalahan. Tim pemadam kebakaran milik Pemkab Kobar juga turun setelah mendapat informasi adanya kebakaran. Tetapi api lebih cepat melalap beberapa rumah. Beberapa warga berjibaku menyelematkan harta benda, ada pula yang membantu memadamkan api.

Ketua RT 14B Arbani mengatakan, baru mengetahui saat api sudah membesar. Ia sendiri masih belum tahu persis apa penyebab kebakaran tersebut.  Api baru bisa dipadamkan setelah sekitar dua jam kemudian, setelah ada bantuan dari pemadam kebakaran.  

“Pada saat kejadian orang sedang terlelap tidur semua, jadi cukup mengagetkan warga dan para korban,” ujarnya.    

Rumah yang rusak berat adalah milik Syaiful Mundjir, H Achmad Alfani Djamal (alm), H Matsah, H Enor/Madan, H Heru, dan Akram (Atho Sport).  Sementara yang rumah mengalami rusak sedang adalah milik Murjani (Amang Imi). Rumah rusak ringan milik Syaiful Anwar, H Ilyas, dan H Heru. Sejumlah barang-barang berharga korban sebagian ikut ludes terbakar, termasuk surat-surat penting.

“Kita belum data secara rinci, tetapi kerugian diperkirakan mencapai miliaran,” jelasnya.  

PANGKALAN BUN – Sebanyak enam rumah di Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), luluh lantak dilalap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News