Oleg Sancabactiar Hidupkan Sanggar Seni

Oleg Sancabactiar Hidupkan Sanggar Seni
Sanggar Seni. JPNN.com

jpnn.com - PRAKTISI di bidang seni visual dan juga konseptor kreatif, Oleg Sancabactiar tidak pernah berhenti untuk mensosialisasikan seni dan budaya.  Lewat sejumlah workshop, dirinya berharap tidak hanya seni musik modern dan film yang menjadi obyek hiburan. Akan tetapi seni tradisional pun bisa dijadikan sebagai obyek wisata yang menguntungkan.

”Pengelolaan seni kian berkembang bersamaan dengan semakin meningkatnya kreativitas manusia,“ kata Oleg Sancabactiar seperti yang dilansir INDOPOS (Grup JPNN.com), Selasa (16/9).

Pria yang sudah bergelut di bidang produser dan music director sejak 1992 itu mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan pentingnya sebuah manajemen, termasuk aktivitas berkesenian.

”Seni dan budaya dapat mengangkat nilai pariwisata suatu daerah atau negara menjadi salah satu tujuan wisata berskala Internasional,” kata pria yang sempat terlibat dalam Festival Sangkala itu.

Dalam wrokshop bertemakan ‘Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya’ itu bertujuan meningkatkan peran serta sanggar-sanggar seni budaya tradisional dalam pembangunan industri pariwisata khususnya di Jakarta. Oleg mengajak sanggar-sanggar tradisional yang berdomisili di Jakarta dan pelaku industri pariwisata untuk bersama-sama  merealisasikan hal tersebut.

”Seperti halnya restoran yang menampilkan pertunjukan musik tradisional atau tari tradisional, hotel yang memberikan aksen tradisional di setiap interiornya, bioskop yang menampilkan cuplikan promosi seni budaya sebelum film di mulai, dan menyediakan tempat untuk menampilkan pertunjukan seni budaya tradisional, serta biro perjalanan yang menampilkan tari traditional saat penjemputan wisatawan di bandara," tegasnya.

Dengan manajemen tersebut, tentunya Indonesia sebagai negara yang memiliki beragam budaya akan semakin di kenal di mancanegara. ”Banyak hal dapat kita lakukan untuk melestarikan seni dan budaya tradisional. Tidak hanya melestarikan, tetapi kita juga memperkenalkan seni budaya yang kita miliki, sehingga wisatawan asing akan semakin tertarik dan terus berkunjung ke Indonesia,” papar Art Director dari Planet Design Indonesia itu. (ash)


PRAKTISI di bidang seni visual dan juga konseptor kreatif, Oleg Sancabactiar tidak pernah berhenti untuk mensosialisasikan seni dan budaya. 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News