PKB Lega Partai Demokrat Pilih Pilkada Langsung

PKB Lega Partai Demokrat Pilih Pilkada Langsung
PKB Lega Partai Demokrat Pilih Pilkada Langsung

jpnn.com - JAKARTA - Sikap Partai Demokrat (PD) yang akhirnya secara tegas mendukung mekanisme pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung oleh rakyat ketimbang di DPRD mendapat respon positif.  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang bersama PDIP dan Hanura mendukung opsi pilkada langsung merasa lega dengan keputusan partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Menurut Sekretaris Jenderal PKB, Hanif Dhakiri, dukungan PD terhadap opsi pilkada langsung jelas merupakan keputusan penting dalam mengawal demokrasi sekaligus selaras dengan aspirasi rakyat. “Alhamdulillah, Demokrat dan Pak SBY selaras dengan apa yang dikehendaki rakyat,” katanya melalui layanan BlackBerry Messenger, Kamis (18/9).

Politisi muda PKB itu menambahkan, keputusan PD mendukung pilkada langsung jelas patut diapresiasi. Hanif menegaskan, memang sudah seharusnya mekanisme pilkada langsung dipertahankan.

"Bagaimanapun pilkada langsung adalah salah satu capaian yang penting dalam reformasi. Pilkada langsung juga selaras dengan konstitusi dan sistem presidensialisme di tingkat nasional,” ulas salah Hanif yang juga Sekretaris Fraksi PKB DPR itu.

Hanif menambahkan, PD tentu sangat paham bahwa mengembalikan pilkada langsung ke DPRD merupakan kemunduran bagi kedaulatan rakyat. Karenanya, PKB akan melakukan komunikasi intensif dengan PD dalam rangka mengawal RUU Pilkada yang akan segera disahkan sehingga mekanisme pemilihan tetap secara langsung.

"Lobi-lobi dan komunikasi terus kita lakukan dengan semua partai agar ide menjaga kedaulatan rakyat melalui pilkada langsung itu bisa diterima semua pihak," pungkasnya.(ara/jpnn)


JAKARTA - Sikap Partai Demokrat (PD) yang akhirnya secara tegas mendukung mekanisme pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung oleh rakyat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News