Biar Dianggap DPR, DPD Butuh Sosok Ketua yang Disegani

Biar Dianggap DPR, DPD Butuh Sosok Ketua yang Disegani
Biar Dianggap DPR, DPD Butuh Sosok Ketua yang Disegani

jpnn.com - JAKARTA – Direktur Eksekutif Poll Tracking Institute Hanta Yuda menegaskan Ketua Dewan Perwakilan Daerah mendatang harus sosok yang berpengalaman dan mampu meningkatkan eksistensi lembaga DPD di kancah politik tanah air. Menurutnya, posisi DPD saat ini kalau dibilang ada, tapi faktanya tak pernah dianggap oleh DPR.

Hanta mengatakan seharusnya DPD itu bisa lebih eksis pascaputusan Mahkamah Konstitusi yang menguatkan posisi DPD di dalam perpolitikan di tanah air, terutama dalam pembuatan beberapa jenis Undang-undang. Namun kenyataan kini, DPD tak diberikan peran.

Karena itu kata dia, semua anggota DPD terpilih periode 2014-2019 harus memilih calon ketua DPD yang memiliki figur yang bisa disegani.

“DPD sepertinya membutuhkan sosok ketua yang cukup disegani oleh para anggota dan pimpinan DPR RI," tegas Hanta kepada wartawan seusai acara Dialektika Demokrasi “Konstelasi Politik Jelang 20 Oktober 2014” di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (18/9).

Dengan demikian, Hanta melanjutkan, anggota DPR mau konsisten melaksanakan keputusan MK dengan mengikutsertakan DPD RI dalam membahas beberapa jenis UU.

Ia sendiri mengaku belum tahu sosok-sosok Anggota DPD terpilih yang ingin mewakili tiga wilayah Indonesia sebagai calon ketua.

Kendati mengaku sudah mendengar beberapa nama yang disebut-sebut, Hanta tetap enggan membeberkannya. Namun, Hanta mengatakan dari nama-nama yang beredar dan didengarnya maka diperkirakan terjadi pertarungan tajam dalam perebutan kursi Ketua DPD.

"Saya dapat memperkirakan bahwa pertarungan untuk memperebutkan posisi Ketua DPD untuk lima tahun ke depan akan lebih tajam,” paparnya.

JAKARTA – Direktur Eksekutif Poll Tracking Institute Hanta Yuda menegaskan Ketua Dewan Perwakilan Daerah mendatang harus sosok yang berpengalaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News