AKBP Idha Klaim Berangkat ke Kucing untuk Belikan Istri Obat

AKBP Idha Klaim Berangkat ke Kucing untuk Belikan Istri Obat
AKBP Idha Klaim Berangkat ke Kucing untuk Belikan Istri Obat

jpnn.com - JAKARTA –  Keberangkatan perwira menengah Polda Kalbar Ajun Komisaris Besar Idha Endri Prastiono ke Malaysia tanpa izin atasan yang berakhir dengan penangkapan oleh Polis Diraja Malaysia, akhirnya terkuak.

Kepala Polda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto mengatakan bahwa Idha mengklaim berangkat ke Kuching adalah untuk membeli obat buat istrinya. Obat itu hanya ada bisa diperoleh di Kuching, Sarawak, Malaysia Timur.

"(Motif kepergian) membelikan obat untuk istrinya yang hanya ada di Kuching," kata Kapolda di Bareskrim Mabes Polri, Jumat (19/9).

Sebelumnya Kepala Biro Penerangan Masyarakat Markas Besar Kepolisian RI Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar, Jumat (13/9) di Mabes Polri mengatakan, Idha mengaku ingin membeli sesuatu untuk keluarganya di Negeri Jiran itu.

Namun, Boy tak merincikan sesuatu apa yang dimaksud. "Kata dia ingin membeli sesuatu untuk keluarga. Real-nya saya belum tahu pasti, tapi ada niat membeli sesuatu di sana untuk dibawa ke rumahnya," kata Boy.

Idha saat ini sudah dijebloskan di Rumah Tahanan Polda Kalbar. Idha dijerat pasal 12 e Undang-undang Pemberantasan Tipikor, terkait dugaan penyalahgunaan kewenangan dan pemerasan. Sedangkan Bripka Harahap diproses terkait dugaan pelanggaran disiplin.

Keduanya sebelumnya diamankan PDRM, di Kuching, berdasarkan pengembangan tertangkapnya seorang perempuan di Kuala Lumpur yang membawa 3,1 kilogram amphetamin. Belakangan, Idha dan Harahap dianggap tak terbukti kemudian dikembalikan ke Indonesia.

Arief mengatakan pihaknya terus mengembangkan kasus AKBP Idha dan terus mengupayakan apakah ini bagian dari jaringan narkoba. Saat ini, kata dia, Polri tengah melakukan upaya pembersihan dari anggota bermasalah.

JAKARTA –  Keberangkatan perwira menengah Polda Kalbar Ajun Komisaris Besar Idha Endri Prastiono ke Malaysia tanpa izin atasan yang berakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News