Facebook: 5 Langkah Awal Investasi yang Perlu Anda Ambil

Facebook: 5 Langkah Awal Investasi yang Perlu Anda Ambil
Facebook. Foto: Leon Neal/AFP

jpnn.com - PEMILIK usaha kecil dan menengah seringkali mengerjakan sendiri segala hal yang menjadi bagian dari kegiatan operasional bisnis mereka. Alasan utama yang mendasari keputusan ini kebanyakan adalah keterbatasan dana untuk mempekerjakan orang atau layanan jasa yang penting untuk mendukung kegiatan operasional bisnis mereka. Adapula alasan lain adalah keengganan dalam mengeluarkan uang atau berinvestasi untuk pertumbuhan bisnis mereka, belum lagi mengeluarkan uang untuk aktifitas pemasaran.

 

Dalam hal pemasaran, pemasaran dijital atau digital marketing menjadi pilihan bagi pengusaha kecil dan menengah karena cocok untuk kegiatan pemasaran dengan dana yang terbatas. Apalagi berkat perkembangan teknologi pemasaran dijital, pendapatan atas hasil investasi jadi lebih bisa terukur. Di sisi lain, platform dijital juga menawarkan peluang bagi penguasaha UKM untuk bisa bersaing dengan merk-merk besar. Sebagai contoh, Brodo Footwear – sebuah produk sepatu pria lokal – berhasil  meningkatkan penjualannya hingga 400 persen di tahun 2013 setelah menggunakan Facebook sebagai platform pemasaran dijital-nya.

 

Brodo Footwear digawani oleh dua insinyur lulusan ITB yang memutuskan untuk memproduksi sepatu mereka sendiri setelah kesulitan mendapatkan sepatu sesuai selera yang mereka inginkan di pasaran. Pada awalnya, bisnis yang mereka rintis tak berjalan dengan mulus akibat rendahnya penjualan produknya melalui outlet pilihan mereka di Bandung. Akhirnya mereka memutuskan untuk beralih ke pemasaran dijital. Di luar perkiraan, tingkat kesadaran produk akan Brodo Footwear meningkat dengan signifikan. Bahkan, sebagian besar pelanggan pertama kali menemukan produk Brodo Footwear secara online. Sekarang, Brodo Footwear menjual 2 ribu pasang sepatu setiap bulannya dan 90 persen diantaranya berasal dari interaksi melalui Facebook.

 

Bagaimana pun juga, Brodo Footwear memahami bahwa pemasaran merupakan salah satu factor untuk dipertimbangkan ketika berinvestasi untuk pertumbuhan bisnis. Berikut adalah lima poin yang telah dilakukan Brodo Footwear untuk mengembangkan bisnis mereka.

 

PEMILIK usaha kecil dan menengah seringkali mengerjakan sendiri segala hal yang menjadi bagian dari kegiatan operasional bisnis mereka. Alasan utama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News